Program Studi Sarjana Teknik Industri Fakultas Teknik Unud Implementasi Sistem Bank Sampah Digital di Desa Katung, Kintamani

Program Studi Sarjana Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Udayana mengadakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) di Desa Katung, Kintamani. 

BANGLI, Balitopnews.com - Bertepatan dengan Hari Raya Waisak, Senin (16 Mei 2022) Program Studi Sarjana Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Udayana mengadakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) di Desa Katung, Kintamani. 

Sebelumnya, pihak Teknik Industri Universitas Udayana sudah berkunjung ke Desa Katung untuk berdiskusi tentang pentingnya pemilahan sampah. 

Koordinator Program Studi Sarjana Teknik Industri, Dr. AA Komala Dewi, S.T., M.T. menyampaikan tiap 1 kepala keluarga akan disediakan 3 wadah untuk memisahkan jenis sampah yang ada untuk plastik lembaran (plastik bening, polybag, plastik mika, dan sejenisnya), plastik botolan atau rongsokan (wadah atau bahan kecantikan, aluminium, ember, dan sejenisnya), dan jenis-jenis kertas (kardus, kertas cetak, dan sejenisnya). Tiga jenis wadah itu disarankan untuk diletakkan di belakang rumah dan tidak terkena sinar matahari maupun hujan. Pada saat sosialisasi mengenai wadah tersebut, diharapkan seluruh anggota keluarga berada di rumah untuk pemahaman yang lebih menyeluruh. Pihak Prodi sudah menyiapkan 100 karung dan akan dibagikan masing-masing tiga jenis wadah kepada setiap rumah tangga.

Permasalahan yang dialami oleh Desa Katung adalah kurangnya pengetahuan yang cukup mengenai pemilahan sampah dengan benar, teknik pengolahan sampah non organik, serta masih belum optimalnya fasilitas penunjang pada pengolahan sampah. 

Wayan Sutika dari aplikasi digital pengelolaan sampah membahas mengenai manajemen pengelolaan sampah berbasis digital yang wajib diketahui masyarakat. Dari permasalahan sampah yang ada, dicetuskanlah sebuah aplikasi bank sampah digital bernama DYWIK Kader untuk menjadi sarana dalam mengentaskan permasalahan sampah dimanapun dan dapat digunakan di Desa Katung. DYWIK Kader memiliki beberapa fitur layanan mengenai pengelolaan sampah, diantaranya adalah fitur pencatatan sampah, fitur pengiriman sampah, info saldo/kas, artikel, dan laporan setor tarik. Aplikasi ini juga memberikan informasi mengenai harga dari jenis sampah yang diterima oleh Bank Sampah serta nilai rupiah yang dapat diperoleh masyarakat.

https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas1043-Implementasi-Sistem-Bank-Sampah-Digital-dalam-Menanggulangi-Permasalahan-Nonorganik-di-Desa-Katung-Kintamani.html(gix)


TAGS :

Komentar