Wabup Sanjaya : Tabanan Rancang Pentaskan 5000 Penari Rejang Renteng di Tanah Lot

BaliTopNews.com, Tabanan
Guna menghidupkan kembali tari rejang renteng yang nyaris punah dan mengapresiasi antusias masyarakat Tabanan mementaskan tarian rejang renteng di setiap upacara keagamaan menjadi alasan bagi Pemerintah Kabupaten Tabanan merancang pementasan tari rejang renteng 5000 penari di Daya Tarik Wisata Tanah Lot.
 
Wakil Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya menegaskan hal itu  usai menyaksikan pementasan tarian rejang renteng ibu ibu PKK di Banjar Bongan Gede,Desa Bongan, Kecamatan Tabanan, Tabanan saat piodalan di Pura Beji Khayangan Beji Banjar Bongan Gede, pada hari Raya Pagarwesi, Rabu ( 21 Maret 2018)
 
“Saya bersama Ibu Bupati saat ini masih meracang rencana mementaskan 5000 penari rejang renteng di DTW Tanah Lot, Desa Beraban, Kediri, Tabanan,” jelas  Wabup I KG Sanjaya.
“Tujuan utama pementasan tersebut adalah membangkitkan kembali tari rejang renteng yang terancam punah,” tandasnya. Selain itu pementasan ini juga sebagai ajang promosi wisata pasca  terpuruknya pariwisata Bali akibat erupsi Gunung Agung. “Kami juga melihat tingginya animo Ibu Ibu PKK menarikan tari rejang renteng di setiap upacara piodalan,” tandasnya. Nantinya setiap kecamatan mengirim 500 penari rejang renteng untuk pentas di Tanah Lot. “Kita ada 10 kecamatan, masing masing kecamatan mengirim 500 penari rejang renteng untuk pentas di DTW Tanah Lot,” tandasnya.  Mengenai waktu pihaknya belum bisa memastikan karena harus dikoodinasikan lebih lanjut. “Ibu Bupati dan saya akan rancang waktunya yang pas untuk pementasan 5000 tari rejang renteng di DTW Tanah  Lot tersebut,” tandasnya.
 
Sementara itu, Wabup Sanjaya memberi apresiasi kepada PKK Banjar Bongan Gede, karena telah menampilkan tarian rejang renteng dengan baik, kompak  dan penuh semangat.
 
“Ini adalah wujud pelestarian adat, agama dan budaya. Saya apresiasi penampilan tarian rejang renteng ibu-ibu PKK Bongan Gede ,”ujarnya
 
Dirinya juga memuji kekompakan, dan kebersamaan krama atau masyarakat Tabanan, khususnya krama Banjar  Bongan Gede  dalam setiap kegiatan, baik itu di parahyangan, pawongan maupun kegiatan di palemahan.
 
Kedepan, Wabup Sanjaya  mengharapkan hal itu dapat dijaga, terus membangun komunikasi, koordinasi sehingga ada sinergi antara pemerintah dengan masyarakat. Dengan itu, Visi Tabanan Serasi, Sejahtera, Aman dan Berprestasi dapat terwujud.
 
“terus jaga komunikasi, dan koordinasi, bangun sinergi. Sehingga Visi Tabanan Serasi, sejahtera, aman dan berprestasi bisa terwujud,”ujarnya.
 
Sebelumnya Kelihan Banjar Bongan Gede I Nyoman Parwata menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran Wabup Sanjaya saat piodalan di Pura Kahyangan Beji.
 
“Ini merupakan bentuk kepedulian dan perhatian  Pemerintah Kabupaten Tabanan terhadap masyarakat di sini. Kami yakin dengan kehadiran Bapak Wakil, akan mampu menjadi motivasi bagi warga dalam meningkatkan semangat gotong-royong dan rasa kebersamaan di masyarakat,” ujarnya.
 
“Kami krama banjar siap bersinergi dengan pemerintah untuk mewujudkan  Visi Tabanan Serasi, Sejahtera, Aman dan Berprestasi,”imbuhnya.
 
Selain melakukan persembahyangan, sebagai wujud bhakti kehadapan sang Pencipta (Ida Sang Hyang Widhi Wasa) Wabup Sanjaya juga menghaturkan punia sebesar Rp  5 juta yang diterima Kelihan Banjar Bongan Gede.Sebelumya juga hadir Ketua DPRD Bali N Adi Wiryatama, dan DPR RI I Made Urip dihadiri perwakilanya. RRBNC

TAGS :

Komentar