Kuningan, Warga Boged Gelar Tradisi Mesuryak

RedRiceBalinews.com
Setiap hari Raya Kuningan, Warga Banjar Bongan Gede ( Boged ), Desa Bongan, Kecamatan Tabanan, Tabanan, Bali menggelar tradisi mesuryak. Tradisi yang  bertujuan  mengantarkan leluhur kembali ke soarga loka tersebut, kembali digelar di hari raya kuningan Sabtu ini ( 11/11/2017).
 
Prosesi mesuryak dimulai sekitar pukul 09.00 Wita sampai pukul 11.00. Diawali dengan persembahyangan mulai dari rumah  masing-masing warga, kemudian dilanjutkan persembahyangan di Pura Dalem Khayangan Tiga. Usai sembahyang di Pura Khayanga Tiga, persembahyangan dilangsungkan di   merajan (Pura Keluarga Besar). Tujuanya untuk memohon keselamatan kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa, begitu juga kepada para leluhur  yang diyakini  berada di rumah sejak hari raya Galungan hingga Kuningan. Mesuryak kemudian dilanjutkan dengan membawa segala perlengkapan upacara seperti banten dan sesajen, termasuk banten yang disibolisasikan sebagai Raja Duwata ( leluhur )  ke depan pintu gerbang rumah masing-masing.  Selanjutnya para pemangku atau yang dituakan  melantunkan  doa-doa yang ditutup dengan mesuryak. Masing-masing keluarga memberikan bekal berupa uang logam mapun kertas. Uang tersebut dilemparkan ke udara kemudian disambut warga . Laki perempuan anak-anak berebut saling dorong  mendapatkan  uang. Dari pantauan setiap hari raya kuningan, sekitar puluhan juta rupiah uang dipersembahkan oleh warga banjar bongan gede untuk tradisi mesuryak. Bahkan ada yang sengaja beberapa hari sebelum hari raya kuningan, menukarkan uang kertas yang masih baru ke Bank untuk dipesembahkan saat tradisi mesuryak di hari raya kuningan.
 
Kelihan Adat Banjar Bongan Gede, I Nyoman Parwata, mengatakan tradisi mesuryak merupakan tradisi turun temurun yang ada di banjar-nya. "Mesuryak bertujuan mengantarkan roh leluhur kembali ke sorga. Karena sebelumnya yakni pada hari Raya Galungan para leluhur  berada di rumah. Setelah sepuluh hari tepatnya di hari raya kuningan kami antarkan leluhur kembali ke sorga.  Kami antar dengan suka cita bergembira dengan bersorak sambil melemparkan uang ke udara yang diperebutkan banyak orang," tandasnya. Besarnya uang yang digunakan dalam mesuryak bervariasi tergantung kemampuan ekonomi warga. Tradisi ini  ada secara turun-temurun itu tetap dilaksanakan setiap enam bulan sekali bertepatan dengan Hari Raya Kuningan.  RRBNC

TAGS :

Komentar