Jaga Kamatibmas Jelang Nataru, Wabup Sedana Ingatkan Sinergitas Stake Holder.

  • 31 Desember 2017
  • 18:44 WITA
  • News

RedRiceBalinews.com, BANGLI
Wakil Bupati (Wabup) Bangli Sang Nyoman Sedana Arta, SE menegaskan perayaan natal dan tahun baru (nataru) di Kabupaten Bangli harus berjalan dengan baik dan kondisif. Untuk itu pihaknya mengajak stake holder terkait bisa terus berkoordinasi untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat menjelang maupun pasca nataru berlangsung. Selain itu, ketersediaan kebutuhan pokok dipasaran dan inflasi harus menjadi perhatian bersama saat pelaksanaan nataru maupun hari-hari besar lainnya.

Hal ini disampaikan Wabup Sedana Arta saat membuka rapat koordinasi (rakor) Operasi Lilin Agung dalam rangka pengamanan nataru dan antisipasi kenaikan harga pangan di Kabupaten Bangli di ruang pertemuan Polres Bangli, Selasa (12/12/2017) dikutif dari Humas Pemkab Bangli . Rakor ini juga dihadiri oleh Ketua DPRD Bangli Ngakan Kutha Parwata, Kapolres Bangli AKBP. I.G.N Agung Ade Panji Anom, SIK.,MAP, Forkompinda Bangli, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, tokoh adat dan agama.

Lebih lanjut Wabup Sedana Arta mengatakan, disetiap pelaksanaan kegiatan keagamaan baik natal maupun hari besar lainnya, Polri dibantu TNI selalu melakukan operasi pengamanan. Seperti halnya natal dilaksanakan operasi Lilin Agung yang tujuannya agar kegiatan keagamaan yang dilaksanakan oleh umat kristiani bisa berjalan dengan baik. Namun jelas Wabup Sedana Arta, menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat tidak hanya menjadi tugas TNI mupun Polri. Tetapi tugas kita bersama termasuk Pemerintah Daerah sampai jajaran terbawah. Dan yang tidak kalah penting, peran masyarakat untuk ikut menjaga ketertiban lingkungan disekitar. Bilamana menemukan sesuatu yang janggal atau melihat orang asing berprilaku aneh dilingkungannya, agar ikut mengawasi dan melaporkan kepada pihak yang berwajib. “Intinya kita ingin semua pihak ikut bersama-sama menjaga situasi Bangli agar tetap aman dan kondisif. Tidak saja saat ada hari-hari besar, tetapi bisa berlangsung secara berkelanjutan ”terangnya.
Disampaikan juga, rapat koordinasi seperti sekarang ini memiliki peran yang sangat strategis dalam mensinergikan dan mengkomunikasikan langkah dan upaya yang harus dilakukan oleh seluruh stake holder, untuk menciptakan rasa aman dan nyaman, tidak hanya untuk masyarakat Bangli tetapi juga wisatawan yang berkunjung ke Bangli. “Kita ingin semua pihak tergerak untuk menjaga keamanan Bali. Apalagi saat ini kondisi Bali yang masih diterpa bencana erupsi Gunung Agung. Jangan sampai kondisi ini disusupi oleh pihak yang tidak bertanggungjawab untuk membuat Bali semakin tidak nyaman”harapnya.
Terkait dengan pengendalian harga pangan menjelang hari-hari besar seperti natal maupun tahun baru, jelas Wabup Sedana Arta, biasanya oknum-oknum nakal sudah mulai membuat seribu cara untuk mengambil keuntungan dari kondisi ini. Seperti melakukan penimbunan bahan-bahan pokok, distribusi dibuat tidak lancar dan sebagainya. Kalau oknum-oknum ini dibiarkan tentu inflasi tidak bisa dihindari dan masyarakat akan menjadi korban. Untuk itu Wabup Sedana Arta meminta Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID), OPD terkait dibantu TNI/Polri bisa lebih sering melakukan operasi pasar untuk menjaga kestabilan harga dan menjamin ketersediaan bahan pangan.
Pada kesempatan itu Wabup Sedana Arta juga meminta OPD terkait agar lebih rajin turun mengecek perkembangan harga pasar dan melaporkan kepimpinan. Selain itu, pergerakan harga dan kelangkaan kebutuhan pokok harus menjadi perhatian serius. Jika ada kenaikan yang melonjak agar OPD terkait menelusuri permasalahannya. Sehingga cepat bisa ditangani dan harga bisa distabilkan. “Kita ingin OPD terkait cepat dan tanggap terhadap kondisi pasar. Kalau ada kenaikan harga maupun kelangkaan pangan agar ditelusuri dan segera diselesaikan agar harga bisa kembali normal. Sehingga oknum-oknum yang ingin memainkan harga ini tidak memiliki ruang untuk melakukan hal tersebut. Kita yakin dengan komunikasi dan koordinasi yang baik, setiap permasalahan yang ada di Bangli bisa cepat diketahui dan diatasi. Kita tidak ingin masyarakat Bangli menjadi korban inflasi dan Bangli menjadi salah satu penyumbang inflasi terbesar bagi Bali.”tutupnya. ( Humas Pemkab Bangli ) RRBNC
 


TAGS :

Komentar