Wakil Presiden Jusuf Kalla Cek Kesiapan Posko dan Penanganan Pengungsi di Karangasem

  • 31 Desember 2017
  • 20:26 WITA
  • News

RedRiceBalinews.com, KARANGASEM
Wakil Presiden Yusuf Kala mengecek kesiapan posko dan penanganan pengungsi gunung agung di Kabupaten Karangasem, Bali, Sabtu (30/12/2017). Wapres Jusuf Kalla pada kesempatan itu didampingi Bupati Karangasem Mas Sumatri dan Wabup I Wayan Arthadipa, Bupati Kalungkung I Wayan Suwirta, BNPB Willem Rampangilei, anggota DPR RI Sumarjaya Linggih, jajaran Pimpinan OPD dan staf ahli Bupati.

Dikutif dari Humas Pemerintah Karangasem, Tiba di Tanah Ampo pusat Pos Komando Siaga darurat penanganan Pengungsi Wapres JK langsung melihat sistem input data pengungsi di Media Centre, dijelaskan Kadiskominfo Pande Komang Ardita dan inisiator aplikasi SIGMAL Ketua Yayasan Primakara I Made Artana dan informasi yang dikendalikan BNPB Willem Rampangilei. Usai meninjau media centre Wapres JK menuju ruang kendali room (ruang rapat utama) menerima informasi kebencanaan dari Bupati Karangasem dan Kepala BNPB Willem Rampangilei.

Dalam kesempatan itu Wapres JK meminta agar kesiagaan menghadapi kondisi darurat erupsi Gunung Agung jangan kendor mengingat jangka waktunya cukup lama. Masyarakat pengungsi yang kini ada di pos-pos penampungan pengungsi baik di Karangasem maupun di luar Karangasem agar dibantu sebaik mungkin sehingga tidak sampai kekurangan logistik maupun pengendalian sanitasi lingkungan dan pemberdayaan pengungsi melalui kegiatan mengisi waktu dengan berbagai aktifitas untuk menghindari kebosanan.

Wapes JK juga menegaskan bahwa hal lebih penting untuk diantisipasi adalah masa recovery kondisi daerah kelak jika kondisi makin buruk dimana terjadi erupsi skala besar dari Gunung berapi Agung. Ia mengingatkan agar dilakukan pendataan dengan baik sektor-sektor ekonomi masyarakat yang mengalami dampak buruk dan dalam kondisi tidak berdaya, sehingga pemerintah propinsi Bali maupun pusat segera dapat melakukan pemulihan, agar  masyarakat tidak lama-lama larut dalam ketidakberdayaan.

Setelah di ruang utama Wapres meninjau kesiapan logistik dalam menyuplay kebutuhan untuk para pengungsi, Tercatat sejumlah bahan logistik yang paling dibutuhkan pengungsi adalah masalah ketersediaan bahan   lauk pauk. Selanjutnya Wapres juga meninjau pos Palang Merah Indonesia (PMI) yang merupakan jajaran kepengurusan PMI dibawah kendali Wapres Jusuf Kalla. Ia mengharapkan PMI mengambil peran dan fungsi didepan untuk membantu keberadaan pengungsi di Kabupaten Karangasem yang kini menghadapi ancaman bencana erupsi Gunung Agung.

Usai melihat kesiapan PMI, Wapres juga melihat kesiapan unit pramuka, Basarnas, BPBD dan unsur ke-Puan  dalam memberikan perannya membantu kesiapan Pos Komando untuk menangani penanganan kepengungsian, sebelum selanjutnya menuju UPT. Pertanian Rendang Karangasem meninjau pengungsi dan istirahat siang di Restoran Mahagiri Rendang sebelum melanjutkan perjalanan kembali ke hotel di Nusa Dua Bali.
Pengungsi  erupsi Gunung Agung mencapai 44.265 jiwa (12275KK) di 170 titik pos untuk Karangasem dan untuk seluruh Bali mencapai 71.038 jiwa di 269 titik pos pengungsian. (Humas Karangasem ) RRBNC


TAGS :

Komentar