Selain Puluhan Ekor Babi Tertimbun Longsor di Pupuan. Bangunan Lainya Juga Tertimbun Apa Saja ?

  • 07 Januari 2018
  • 15:32 WITA
  • News

RedRiceBalinews.com, TABANAN
Sebanyak 55 ekor babi milik warga di Banjar Asah Tegeh, Desa Karya sari, Kecamatan Pupuan, Tabanan tertimbun tanah longsor, Sabtu malam ( 6/1/2018).

Tanah longsor yang terjadi sekitar pukul 22.30 tersebut berasal dari tanah sawah milik I Nengah Wiliana di Banjar Asah Tegeh, Desa Karyasari. Tanah sawah  dengan lebar 60 meter dan panjang 200 meter dengan kedalaman 15 meter longsor memimpa sejumlah bangunan dan ternak.

Rumah milik korban I Nengah Wiliana pun tak luput terkena longsor begitu juga dengan pelinggih kemulan taksu. Kerugian total  yang diderita Wiliana mencapai Rp 250 juta termasuk kerugian tanah sawahnya longsor.

Sementara itu 13 kandang babi yang ikut tertimbun tanah  diantaranya 2 kandang babi milik I Wayan Muliastra  yang berisi 10 ekor babi. Kerugian yang diderita Muliastra Rp 15 Juta. 1 kandang babi milik I Made Nuriata yang berisi 4 ekor babi dengan total kerugian Rp 4 Juta. 1 Kandang babi milik I Nengah Sudiarta yang berisi 4 ekor babi dengan kerugian Rp 4 Juta, 2 Kandang babi milik I Nyoman Depuk yang berisi 12 ekor babi dengan total kerugian Rp 18 juta. 3 Kandang babi milik I Ketut Sudiastra yang berisi 12 ekor babi dengan total kerugian Rp 15 Juta. 1 kandang babi milik I Nengah Subadi yang berisi 3 ekor babi dengan kerugian Rp 3 Juta. 3 kandang babi milik I Nengah Artika yang berisi 10 ekor babi dengan kerugian Rp 10 Juta.

Longsor tersebut juga merusak fasilitas umum seperti pelinggih Beji, jembatan dan pelinggih  penunggun karang.  Total kerugian yang diakibatkan longsor di Karya Sari mencapai Rp 458 Juta.

Kepala Dinas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD ) Kabupaten Tabanan I Gusti Ngurah Made Sucita langsung meninjau lokasi longsor di Banjar Asah Tegeh, Desa Karya Sari , Kecamatan Pupuan, Tabanan, Minggu pagi ( 7/1/2018). “Tidak ada korban jiwa dalam bencana alam tanah longsor di Karya Sari Pupuan.Namun material berupa bangunan, jembatan, pasilitas umum dan ternak warga  tertimbun longsor. Jika ditotal mencapai Rp 458 Juta,” tandasnya. RRBNC
 


TAGS :

Komentar