Gong Xi Fat Cai, Imlek 2569, Warga Tionghoa Tabanan Doakan Indonesia Aman Damai dan Sentosa

  • 16 Februari 2018
  • 05:13 WITA
  • News

RedRiceBalinews.com, TABANAN
Doa dan harapan dipanjatkan warga Tionghoa di Kabupaten Tabanan saat Tahun Baru Imlek 2569 di Wiraha Dharma Cattra, Tabanan, Jumat ( 16 Ferbruari 2018). Selain berharap dimudahkan rejeki dan kesehatan, warga Tionghoa juga mendoakan agar Indonesia tetap aman damai dan sentosa.

Seperti yang diungkapkan Manik, ibu rumah warga Tionghoa usai melangsungkan persembahyangan di Wihara Dharma Cattra Jalan Melati, Desa Delod Peken, Kecamatan Tabanan. “Harapan saya di tahun baru imlek ini semoga dimudahkan rejeki dan diberikan kesehatan,” jelasnya. Wanita paruh baya ini mengatakan seperti biasa kegiatan menyambut tahun baru imlek pada pagi harinya membuat masakan miswa. “Miswa adalah sejenis makanan yang dibuat saat hari raya imlek,” jelasnya. Setelah itu melakukan persembahyangan kepada leluhur di rumah. Kemudian dilanjutkan di wihara.

Hal senada diungkapkan oleh Juwito ( 46) penunggu wihara Dharma Cattra Tabanan.  Ia yang sudah 25 tahun bertugas membersihkan dan menjaga Wihara berharap semua umat rukun bahagia. Juwito yang asal Jawa Timur ini berharap selain umat rukun bahagia, Negara Indonesia tetap damai aman dan sentosa. “Saya juga mendoakan agar Indonesia tetap damai aman dan sentosa,” jelasnya. Terkait prosesi persembahyangan tahun baru Imlek, Juwito mengatakan perosesinya sudah dimulai sejak hari Jumat dini hari. “Puncak hari raya imlek pada Jumat dini hari pukul 00.00, yang ditandai dengan persembahyangan bersama di wihara,” tandasnya. Ditambahkanya, persembahyangan saat pergantian tahun dipimpin oleh Liem Sien Lik. Pada malam puncak pergantian tahun itu, umat datang tinggal sembahyang karena sarana persembahyangan sudah disiapkan pihak wihara.

Sementara itu,warna merah mendominasi hiasan  dan semerbak wangi dupa  membuat khusuk saat perayaan tahun baru imlek 2569  di wihara Dharma Catra Jalan Melati, Desa Delod Peken, Kecamatan Tabanan, Tabanan, Jumat ( 16/2/2018).  Warna merah juga mendominasi hiasan yang ada di sudut sudut wihara terutama lamu lampion yang  disusun dengan rapi. Pun tak ketinggalan warna merah dikenakan warga Tionghoa Tabanan yang  sedang melangsungkan persembahyangan Imlek sejak Jumat pagi hingga siang hari. RRBNC
 


TAGS :

Komentar