Pasca Dibuka Sepekan Untuk Wisatawan Lokal di Masa Covid-19, Jatiluwih Mulai Ramai Dikunjungi

 

TABANAN,Balitopnews.com - Sepekan dibukanya wisata DTW Jatiluwih di Desa Jatiluwih, Kecamatan Penebel, kunjungan sudah mulai ramai. Bahkan kunjungan sudah mendekati angka normal sebelum adanya Covid-19.

 

Kunjungan dikatakan mendekati normal, lantaran Senin-Jumat wisatawan berkunjung kisaran 70-90 orang perhari. Bahkan meningkat pada Sabtu-Minggu menjadi 700-1.000 per hari.

 

Manager DTW Jatiluwih I Nengah Sutirtayasa mengaku pasca dibukanya obyek, kunjungan ke Jatiluwih sudah mulai ramai. "Kunjungan sekarang bisa dikatakan dekati kunjungan saat normal (sebelum corona)," ujarnya, Selasa (28 Juli 2020)

 

Kata dia, wisatawan yang berkunjung di tengah pandemi dominan wisatawan lokal dan domestik. Sementara untuk kunjungan wisatawan mancanegara masih minim. "Wisatawan yang berkunjung ke Jatiluwih adalah wisatawan yang sudah menetap di Bali," imbuhnya.

 

Kendati demikian kunjungan domestik mendekati normal, menurut Sutirtayasa belum bisa diprediksi kondisinya akan tetap stabil. Sebab, ada banyak obyek atau DTW yang juga sudah buka bersamaan.

 

"Jadi kunjungan tidak bisa diprediksi seperti sebelumnya, itu pula yang menjadi pertimbangan untuk tidak berani menetapkan target kunjungan hingga akhir tahun nanti, meski oprasional sudah kembali buka,” bebernya.

 

Disisi lain meskipun kunjungan ke Jatiluwih mulai ramai, pihaknya memastikan setiap wisatawan yang datang ke DTW Jatiluwih sudah menerapkan protocol kesehatan Covid-19.

 

Upaya pengawasan tersebut dilakukan melalui tim satgas yang dibentuk oleh desa adat dan desa, sedangkan untuk di kawasan obyek ada penjagaan bersama melibatkan juga TNI dan Polri. “Jika ada wisatawan yang datang ke DTW Jatiluwih tidak mematuhi protocol kesehatan Covid-19, kami arahkan untuk putar balik,” tandasnya. (Md)


TAGS :

Komentar