Sandiaga Uno Tegaskan Pariwisata Bali Hanya Berbasis Budaya dan Kearifan Lokal

 

DENPASAR, Balitopnews.com - Pariwisata Bali hanya berbasis budaya dan kearifan lokal dan kebijakan tersebut ditentukan oleh Gubernur Bali.

Penegasan ini disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, saat berkunjung ke Gedung Dharma Negara Alaya Lumintang, Senin 28 Desember 2020.

"Gubernur Bali sudah menegaskan pariwisata Bali berbasis budaya dan kearifan lokal. Pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan serta sehat," ucapnya.

Menurutnya di Bali tidak ada penerapan pariwisata halal seperti yang pernah diwacanakan.

"Selesai pembicaraan berarti kita semua sepakat bahwa Pak Gubernur dan Pak Wakil Gubernur, Pak Kadis (Pariwisata-red) yang akan menentukan kebijakan disini. Kita mengikuti saja dan akan mensupport dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif," tegas Sandi.

Ia kembali menegaskan bahwa Kemenparekraf sepakat dan kedepannya yang berbicara masalah ini Gubernur dan Wakil Gubernur Bali.

"Jadi begini serahkan semuanya ke Pak Gubernur dan Wakil Gubernur," sebutnya.

Sandiaga juga mengatakan dirinya sudah berdiskusi dengan Gubernur Bali dan Menko Kemaritiman dan Investasi untuk memastikan bahwa Bali ini aman dari covid-19 dan sedang menunggu data dari Kementerian Kesehatan bahwa Bali ini bisa efektif memutus mata rantai covid-19.

"Kita akan lihat data dari libur Natal dan tahun baru. Saya sudah berkoordinasi dengan Ibu Menteri Luar Negeri tapi kita tidak ingin terburu-buru. Kita pastikan dulu bahwa covid-19 ini dengan protokol yang ketat dan disiplin dengan tahapan-tahapan yang sudah ditentukan Pak Gubernur ini bisa dipastikan. Ini bisa diadopsi secara menyeluruh," imbuhnya.

"Kita jangan sampai terburu-buru dan akhirnya mendapatkan gelombang kedua.
Dan saya mengharapkan juga kepada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, kita bersama-sama merapatkan barisan untuk memutus mata rantai covid-19. 
Kita harapkan mudah-mudahan di kwartal pertama sudah kita lakukan  satu pendekatan yang holistik di sektor kesehatan. Mudah-mudahan Bali pada saatnya bisa segera menerima wisatawan manca negara," pungkas Sandiaga.(gix)


TAGS :

Komentar