Ida Rsi Lokanatha Pamit Jadi Sulinggih, Tugas Dharma Upapathi Diganti Wakilnya

  • 05 Januari 2022
  • 11:01 WITA
  • News
Ida Rsi Lokanatha

 

DENPASAR, Balitopnews.com - Pernyataan sikap Ida Rsi Lokanatha bersama istrinya Ida Rsi Gayatri yang mepamit dari Kesulinggihan menjadikan posisi Dharma Upapathi kosong. Untuk mengisi kekosongan tersebut, PHDI Kota Denpasar akan menunjuk wakilnya yang juga Sulinggih untuk menggantikan tugas Ida Rsi Lokanatha.

Hal tersebut disampaikan Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kota Denpasar I Nyoman Kenak saat dikonfirmasi Rabu (5 Januari 2022).

Nyoman Kenak mengatakan awalnya PHDI Kota Denpasar akan melakukan komunikasi atau klarifikasi terkait kebenaran viralnya foto Ida Rsi. Namun setelah bertemu Ida Rsi di Griya Agung Giri Kusuma, Ida Rsi menyatakan mundur dari kepanditaan atau Sulinggih.

Kenak mengungkapkan ia kaget dan merasa kehilangan sosok Ida Rsi yang selama ini selalu menuntun umat dalam  posisinya sebagai Dharma Upapathi.

"Beliau adalah Dharma Upapathi, yang bertugas melaksanakan Diksa Pariksa, dikenal tegas, mengayomi umat,” ucapnya.

Ia menjelaskan terkait mundurnya Ida Rsi dari Kesulinggihan karena kasus viral, hal ini bukan menjadi ranah PHDI karena pihaknya bukan bertugas memecat melainkan murni sepenuhnya kehendak Ida Rsi Lokanatha. 

Langkah selanjutnya menurut Kenak adalah menyerahkan kepada paruman sulinggih untuk memutuskan.

"Karena Ida mundur, maka untuk melaksanakan tugas-tugas Ida Rsi untuk sementara  akan digantikan oleh wakil-wakilnya. Dalam kepengurusan Dharma Upapathi, untuk sementara akan digantikan oleh wakil-wakil yang juga ditempati para sulinggih, “ imbuhnya.

Terkait pengunduran diri Ida Rsi, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan para sulinggih.

"Selanjutnya akan digodok oleh Paruman Pandita kalau suratnya sudah masuk ke PHDI. Terkait upacara Nglungkar Gelung, itu ranah Ida Rsi bersama Nabenya," pungkasnya.(gix)


TAGS :

Komentar