Pelebon Ida Cokorda Pemecutan XI Gunakan Bade Tumpang Sebelas Berbobot 2 Ton 

  • 10 Januari 2022
  • 13:01 WITA
  • News
Para Undagi mengerjakan pembuatan bade di kawasan Setra Badung, Denpasar

DENPASAR, Balitopnews.com - Salah seorang undagi bade dari Griya Meranggi, Kesiman, Nyoman Widana, Senin (10 Januari 2022) mengungkapkan bade yang akan digunakan untuk pelebon Pratiwa Nyawa Ngasti Wedana Ida Cokorda Pemecutan XI sudah hampir rampung.

Hal tersebut diungkapkan Widana saat ditemui di lokasi pembuatan bade di kawasan Setra Badung, Denpasar.
 
Menurutnya pengerjaan bade ini sudah dimulai sejak Rabu (5 Januari 2022). Untuk pembuatan konstruksi bade dikerjakan oleh 6 orang undagi (tukang-red). Sedangkan untuk pembuatan payasan atau hiasan dikerjakan oleh 2 orang dan pemasangan payasan dilakukan oleh 3 orang.
 
Ia menyatakan tanggal 17 Januari 2022 bade ini harus sudah selesai karena tanggal 18 Januari akan berada di depan Puri Pemecutan.
 
"Bade ini memiliki tumpang 11 dengan tinggi total 18 meter. Tinggi badan bade yakni 9,70 meter dan tinggi tumpang sekitar 7,5 meter, lebar dasar bade yakni 365 cm dengan panjang 380 cm," ungkapnya.
 
Untuk kayu yang digunakan, menurutnya adalah kayu jenis bali seperti albesia, sukun, dan beberapa kayu lainnya.
 
Untuk kayu balok ukuran 4 x 6 cm dan panjang 4 meter yang digunakan dalam pembuatan bade ini berjumlah 1 kubik dan triplek 40 lembar.
 
Ia memperkirakan jika sudah lengkap dengan hiasannya maka berat bade ini sekitar 2 ton, dengan dalam bade yakni sayap setinggi 5 meter, karang boma, karang sae, paksi, macan, kekendon yang berbentuk seperti gelungan barong.
 
"Pengangkatan bade menuju puri menggunakan dua buah crane dan truk. Sedangkan saat Pelebon menggunakan sanan dengan ukuran 8 x 6 meter dibantu dengan roda," pungkasnya.(gix)
 


TAGS :

Komentar