Gubernur Koster : Jangan Ragu Ikut Booster, Vaksinasinya Gratis

  • 12 Januari 2022
  • 12:01 WITA
  • News
Gubernur Bali Wayan Koster

DENPASAR, Balitopnews.com - Gubernur Bali Wayan Koster meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dosis ketiga atau booster yang dicanangkan serentak hari ini Rabu (12 Januari 2022). Pelaksanaan booster hari ini diinisiasi oleh BIN Daerah Bali bertempat di Wantilan DPRD Provinsi Bali.

Kadiskes Bali I Ketut Suarjaya mengatakan booster dilakukan serentak di 34 provinsi se-Indonesia. Booster akan menyasar kelompok masyarakat keseluruhan yang sudah mendapatkan vaksinasi kedua dengan jarak 6 bulan dari vaksinasi kedua. 

Sasaran utama adalah para lansia sedangkan yang lainnya disesuaikan dengan 
capaian vaksinasi satu untuk umum minimal 70 persen dan vaksinasi lansia minimal 60 persen.

"Bali vaksinasi umum sudah diatas 102 persen dan vaksinasi lansia diatas 83 persen, maka seluruh masyarakat Bali yang berumur diatas 18 tahun dan sudah vaksin kedua 6 bulan keatas itu sudah berhak mendapat vaksinasi," ucapnya.

Menurutnya ada 4 jenis vaksin yang digunakan yakni Pfizer, Moderna, Astrazaneca, dan Sinovac. Sementara jumlah vaksin yang tersedia sampai hari ini adalah 280 ribu lebih. 

Pemberian vaksinasi booster ini adalah setengah dosis dari dosis vaksin umum. Jadi satu dosis yang umum bisa digunakan untuk 2 orang. 


Sementara itu Gubernur Bali Wayan Koster menyebut semula 3 juta dari 4,3 juta orang (70 persen) penduduk Bali ditargetkan mendapatkan vaksin Covid-19. Lalu berubah menjadi 3,4 juta atau target menjadi 79 persen.

Bali menurutnya memerlukan 6,8 juta dosis vaksin. Dan hingga kini dipenuhi semua oleh pemerintah pusat. 

"Tidak ada yang kurang. Bahkan belum habis sudah dikirim. Sehingga kita memiliki stok vaksin yang cukup," katanya.

Koster menambahkan bahwa Presiden Joko Widodo memerintahkan kepada Gubernur se-Indonesia untuk melaksanakan vaksin yang ketiga atau booster.

"Hari ini kita canangkan dan kita akan adakan percepatan dalam waktu satu bulan dua bulan ke depan sehingga pencapaiannya itu betul-betul dapat kita tingkatkan targetnya. Sehingga Bali betul-betul nyaman dan aman dikunjungi oleh para wisatawan. Saya berharap kepada masyarakat karena vaksinasinya gratis jangan ragu segera ikuti booster," ajaknya. 

Sedangkan Kepala BIN Daerah Bali Brigjen Pol. Hadi Purnomo mengatakan BIN wilayah Bali dalam waktu satu tahun ditarget 484 ribu orang atau satu bulan ditargetkan sekitar 37 ribu orang. 

"Ini kita laksanakan dibantu Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten sehingga Bali benar-benar dapat semua vaksinnya dan bisa melampaui DKI," katanya.

Ia menjelaskan untuk booster target utama tetap bagi lansia dilanjutkan masyarakat umum dengan ketentuan berjarak  6 bulan dari vaksin kedua.

"Setelah kegiatan ini kita akan lanjutkan dengan door to door karena lansia dan juga orang-orang yang tidak bisa melaksanakan kegiatan vaksin secara kolektif ya kita bisa melaksanakan kegiatan door to door," pungkasnya.(gix)


TAGS :

Komentar