Penyamaan Persepsi Reviewer Penelitian dan Pengabdian di LPPM Unud

  • 14 Januari 2022
  • 15:01 WITA
  • News
Ketua LPPM Unud Prof. Dr. Drh. I Nyoman Suarsana, M.Si

MANGUPURA, Balitopnews.com - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Udayana menyelenggarakan penyamaan persepsi reviewer penelitian dan pengabdian di lingkungan Universitas Udayana. Acara ini dilaksanakan di Gedung Auditorium Widya Sabha Kampus Jimbaran,Jumat (14 Januari 2022).

Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh reviewer baik penelitian maupun pengabdian di lingkungan Universitas Udayana. Acara dibuka oleh Ketua LPPM Unud Prof. Dr. Drh. I Nyoman Suarsana, M.Si dengan menghadirkan narasumber Prof. Ir. I Nyoman Arya Thanaya, ME, PhD dengan moderator Ir. Ni Made Ary Esta Dewi Wirastuti, ST, M.Sc, Ph.D., IPM. 

Ketua LPPM menginformasikan kepada peserta, proposal penelitian dan pengabdian yang diajukan oleh Dosen Unud saat ini telah selesai diverifikasi oleh UP2M masing-masing fakultas. Tahapan selanjutnya reviewer akan bekerja pada tahapan desk evaluation dan pemaparan proposal. 

Tujuan berlangsungnya acara ini adalah untuk menyatukan persepsi para reviewer penelitian dan pengabdian LPPM Unud, dalam melakukan penilaian/mereview proposal penelitian  maupun pengabdian (desk evaluation dan penilaian pemaparan proposal). Penyatuan persepsi ini diperlukan karena background keilmuan reviewer yang berbeda-beda tentunya bisa mempunyai persepsi yang berbeda-beda. Penilaian reviewer akan menjadi salah satu faktor penting dalam menentukan kualitas penelitian yang dihasilkan oleh para peneliti/pengabdi di Unud.

LPPM Unud akan terus melakukan terobosan-terobosan, untuk meningkatkan kualitas penelitian dan pengabdian tentunya dalam hal ini reviewer memiliki peran yang sangat penting.  Kesatuan persepsi reviewer akan berdampak terhadap peningkatan kualitas hasil-hasil penelitian yang dihasilkan oleh peneliti/pengabdi di Unud. Meningkatnya kualitas penelitian dan pengabdian akan bermuara pada goal keluar yang di capai (jurnal internasional bereputasi, jurnal nasional, HAKI, Paten dan lain-lain). Tercapainya hasil penelitian secara langsung juga akan berpengaruh terhadap Indikator Kinerja Utama (IKU) Unud.


https://www.unud.ac.id/in/berita4284-Penyamaan-Persepsi-bagi-para-Reviewer-Penelitian-dan-Pengabdian-LPPM-Unud.html(gix)


TAGS :

Komentar