Puncak Palebon Ida Cokorda Pemecutan XI, Jumat Besok Jalan Menuju  Puri Pemecutan Ditutup Mulai Pukul 3 Pagi

  • 20 Januari 2022
  • 12:01 WITA
  • News
Bade yang akan dipergunakan pada Puncak Palebon Ida Cokorda Pemecutan XI telah tiba di Puri Pemecutan

DENPASAR, Balitopnews.com -Puncak Palebon Ida Cokorda Pemecutan XI, akan digelar hari Jumat (21 Januari 2022) besok. 

Berkaitan dengan Puncak Palebon Ida Cokorda Pemecutan XI, Jalan menuju Puri Pemecutan akan ditutup mulai pukul 03:00 Wita pada Jumat (21 Januari 2022).

Pihak Puri Pemecutan meminta permakluman dari warga khususnya para pengguna jalan atas ketidaknyamanan penutupan jalan dalam rangkaian Puncak Palebon Ida Cokorda Pemecutan XI. 

Menurut Ketua Umum Warga Ageng Pemecutan, AA Ngurah Rai Sudarma saat ditemui Kamis (20 Januari 2022), pihaknya meminta permakluman kepada masyarakat pengguna jalan atas ketidaknyamanan lalu lintas selama prosesi Puncak Palebon Ida Cokorda Pemecutan XI. 


"Rangkaian upacara Puncak Palebon Ida Cokorda Pemecutan XI pada Jumat (21 Januari 2022) dimulai sejak pukul 03:00 Wita akan ada penutupan jalan penuh karena ada pemelaspasan pemereman," ucapnya.

 

Rai Sudarma menjelaskan puncak acara Palebon,  pada pukul 12:05 Wita bade sudah berjalan menuju Setra Agung Badung. Pada prosesi ini pukul 15:00 Wita ngaturang agni penyomyan yang sebelumnya dipasupati oleh Ida Pedanda, dimana prosesi ini memakan waktu kurang lebih 2 jam. 

 

"Sampailah Ida mapuja. Kira-kira jam 6 atau jam 7 malam kita akan nganyut ke segara. 

Prosesi saat Palebon dipuput oleh Ida Pedanda Gede Karang dari Griya Tampak Gangsul dan Ida Pedanda Gede Arimbawa dari Griya Sari Tegal. Ini yang munggah ke bade dan pemereman," jelasnya.

 

"Sedangkan ke pebasmian Ida Pedanda Gede Telaga dari Griya Telaga Tegal dan Ida Pedanda Oka Keniten dari Griya Beraban," imbuhnya lagi.

 

Ia menyatakan untuk upacara Nganyut akan dilakukan di Pantai Kuta.

 

"Ring Segara Kuta, lokasi tepatnya di sebelah barat Hotel Melasti Kuta," pungkasnya.(gix


TAGS :

Komentar