Dinas PUPR PKP Tabanan "Buka Bukaan" di KOPI PEWARTA. Ini Jalan Yang Mendapatkan Perbaikan di Tahun 2022.

  • 28 Januari 2022
  • 23:01 WITA
  • News
Hadir dalam KOPI PEWARTA, Kabag Prokompinda Tabanan I Gusti Putu Winiantara, Plt Kepala Dinas PUPRPKP Tabanan, I Gusti Ngurah Oka Kamasan. 

TABANAN, Balitopnews.com - Program KOPI PEWARTA Komunikasi Penuh Inspirasi Persatuan Wartawan Tabanan diawal tahun 2022 menghadiri Dinas  Pekerjaan Umum Penataan Ruang,  Perumahan dan Kawasan Pemukiman (PUPRPKP) Tabanan. 


 

KOPI PEWARTA  diadakan di Press Room Bagian Prokompinda Pemkab Tabanan, Jumat pagi (28 Januari 2022) membahas tentang penanganan infrastruktur jalan di kabupaten Tabanan. 

 

Hadir dalam KOPI PEWARTA, Kabag Prokompinda Tabanan I Gusti Putu Winiantara, Plt Kepala Dinas PUPRPKP Tabanan, I Gusti Ngurah Oka Kamasan. 


 

Acara KOPI PEWARTA diawali pernyataan dari Kabag Prokompinda Tabanan I Gusti Putu Winiantara. Pejabat asal Desa Gubug ini menyampaikan apresiasi digelarnya KOPI PEWARTA diawal tahun 2022 ini dengan menghadirkan Dinas PUPRPKP Tabanan. Sehingga program kerja yang telah dilakukan dan yang akan dilaksanakan Dinas PUPRPKP dapat diketahui publik. 




 

Plt Kepala Dinas PUPRPKP Tabanan, I Gusti Ngurah Oka Kamasan dalam pemaparanya mengatakan panjang jalan di Tabanan begitu luas mencapai 863 kilometer.

 

Data akhir Desember 2021 total jalan rusak kategori berat di Tabanan terisa 78 kilometer, rusak ringan 8 kilometer, dan rusak sedang sepanjang 4 kilometer. 


 

 "Perbaikan jalan dilakukan bertahap dan tahun 2022 perkirakan akan tangani 23 kilometer jalan rusak dengan total anggaran Rp 42 miliar," imbuhnya. 



 

Dijelaskan, eksekusi 23 kilometer jalan menggunakan anggaran Rp 42 miliar tersebut menggunakan sumber dana kolaborasi. Rincianya dari APBD Tabanan dianggarkan Rp 7 miliar lebih rencananya digunakan perbaikan 6 ruas jalan dan TMMD ruas jalan Sangketan-Biahan Kecamatan Penebel. 



 

Anggaran perbaikan jalan juga bersumber dari BKK dengan dana sebesar Rp 10 miliar yang rencananya memperbaikan 4 ruas jalan. Dan terakhir bersumber dari DKK sebesar Rp 23 miliar yang rencananya memperbaiki 4 ruas jalan. 



 

Empat ruas jalan yang diperbaiki dari DAK ini untuk ruas jalan Gadungan-Gempinis (Kecamatan Selemadeg Timur), Kesambahan-Kedampal (Kecamatan Penebel), Batan Buah-Banjar Pondok (Kecamatan Selemadeg Timur) dan Bolangan-Besi Kalung (Kecamatan Penebel). "Dana yang kita gunakan memang kolaborasi, tidak hanya satu sumber," tegas Oka Kamasan. 


 

Ia berharap anggaran yang sudah diplot ini tidak lagi adanya refocusing sehingga rencana perbaikan jalan sepanjang 23 kilometer bisa terealisasi dengan lancar. Sehingga tiap tahunnya jalan yang diperbaiki dapat berkurang. "Tapi pada intinya data jalan itu dinamis, artinya sekarang kondisi jalan bisa baik, tahun berikutnya bisa kategori rusak sedang atau berat. Untuk itu angka pasti tiap tahun data jalan tidak bisa pasti," pungkasnya. 


 

Sementara itu masyarakat Tabanan sudah merasakan kinerja Pemda Tabanan di bawah pimpinan Bupati dan Wakil Bupati Tabanan, I K G Sanjaya - I Md Edi Wirawan ( Jaya - Wira) . Beberapa ruas jalan yang sebelumnya rusak seperti di Depan Stadion Debes Tabanan, kini sudah hot mix. Begitujuga di jalan masuk perumahan Sanggulan, Kediri. Jalanya yang bertahun tahun rusak kini sudah hot mix. "Kinerja Jaya Wira di bidang infrastruktur perbaikan jalan sudah dirasakan masyarakat. Jalan menuju ke rumah Saya sudah hot mix yang sebelumnya benyah latig. Suksma Pak Bupati, " ucap Dek Topan. (Md


TAGS :

Komentar