Fisip Unud Gelar Worksop Pengelolaan Jurnal Ilmiah

Worksop Pengelolaan Jurnal Ilmiah Yang digelar FISIP Unud

DENPASAR, Balitopnews.com - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Udayana, Rabu (6 April 2022) menyelenggarakan  workshop manajemen jurnal prodi berbasis Open Journal System (OJS) di aula FISIP, Kampus Sudirman. 

Workshop ini menghadirkan nara sumber Drh. I Wayan Nico Fajar Gunawan, M. Si dari Unit Jurnal dan Publikasi Ilmiah Universitas Udayana dan Richard Togaranta Ginting, S.Sos, M.Hum sebagai moderator. Dengan dihadiri oleh perwakilan masing-masing jurnal prodi di lingkungan FISIP, kegiatan ini menjadi sebuah momentum untuk perbaikan kualitas dan manajemen pengelolaan jurnal.

Ketua Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat FISIP, Putu Nomy Yashinta, S.Sos. MPA, mengatakan pelatihan jurnal dengan sistem pengelolaan yang baik sangat penting untuk dilaksanakan mengingat jurnal adalah media publikasi bagi karya ilmiah serta sarana diseminasi pengetahuan yang terus berkembang. 

Saat ini, FISIP telah memiliki satu jurnal yang telah terakreditasi SINTA yaitu Jurnal Ilmiah Widya Sosiopolitika dan diharapkan jurnal-jurnal prodi di FISIP akan mengikuti jejak dari Jurnal Ilmiah Widya Sosiopolitika.

Dalam paparan materi yang disampaikan nara sumber, pengelolaan jurnal dengan sistem OJS memiliki point  yang sangat menentukan dalam penilaian akreditasi jurnal. Jurnal yang dikelola dengan baik akan menjalankan editorial workflow mulai dari proses submission  hingga publishing naskah jurnal dengan proses review sesuai alur dari mitra bestari. 

Para peserta pelatihan diajak untuk secara langsung mempraktekkan alur editorial workflow dari awal hingga akhir.  Penguasaan yang baik akan alur editorial menjadi kunci pengelolaan jurnal.  

https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas854-WORKSHOP-PENGELOLAAN-JURNAL-ILMIAH-DENGAN-OPEN-JOURNAL-SYSTEM-DI-LINGKUNGAN-FAKULTAS-ILMU-SOSIAL-DAN-ILMU-POLITIK-UNIVERSITAS-UDAYANA.html(gix)


TAGS :

Komentar