Bupati Sanjaya Targetkan TTP Sanda Rampung 2023

  • 12 April 2022
  • 19:04 WITA
  • News
Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya usai mengikuti rapat paripurna di DPRD Tabanan, Selasa ( 12 April 2022)

TABANAN,Balitopnews.com – Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya menegaskan target pengoperasian Taman Teknologi Pertanian (TTP) di desa Sanda, kecamatan Pupuan, Tabanan pada tahun 2023.

Hal itu ditegaskan Sanjaya usai rapat Paripurna DPRD Tabanan, Selasa ( 12 April 2022).

“Jumat kemarin kita turun lagi kesana (TTP Sanda) untuk evaluasi, sudah bagus sekali disana, tinggal nanti lapor ke Bapak Gubernur Bali, Tabanan dijadikan sentra pertanian berbasis teknologi,”terangnya.

Termasuk ketika disinggung tentang kapan target pelaksanaannya, Bupati Sanjaya berharap tahun depan sudah bisa mulai. “Target tahun depan, saat ini Pokli masih terus turun melakukan kajian dan mengevaluasi, mudah-mudahan Tabanan tetap berbasis pertanian,”jelasnya.

Baginya keberadaan TTP sangat mendukung sektor pertanian yang ada. Tentu kedepannya akan diusulkan ke dalam sebuah perencanaan yang digarap oleh para kelompok ahli sehingga proyek monumental berbasis pertanian bisa semakin mendukung terwujudnya Tabanan yang Aman, Unggul dan Madani.

Untuk diketahui, terakhir di lokasi TTP Sanda sudah terdapat sejumlah bangunan untuk mendukung kegiatan riset teknologi pertanian. Seperti gedung alsintan tempat menyimpan alat mesin pertanian termasuk gudang, gedung pelatihan sekaligus ruang rapat, gedung agrimart untuk display produk TTP yang dihasilkan dan gedung perkantoran. Selain juga dua embung dengan kapasitas volume air sekitar 18 ribu meter kubik air.

Kabupaten Tabanan mendapat kepercayaan dari Kementerian Pertanian dipilih menjadi lokasi Program Pengembangan Taman Teknologi Pertanian (TPP) yang akhirnya oleh Pemkab Tabanan dipilih di desa Sanda, Pupuan. Program pemerintah pusat ini bertujuan mengajak masyarakat berinovasi memanfaatkan teknologi modern, sehingga pertanian ke depannya akan semakin maju. Ini tentunya sejalan dengan upaya pengembangan sektor pertanian di kabupaten Tabanan.

Sejak rampung dan diserahkan dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabanan tahun 2019 lalu. Kini kondisinya nyaris tidak ada tanda-tanda kelanjutan proyek tersebut. ( Md )


TAGS :

Komentar