Kadis Pertanian Tabanan Akui Harga Gabah di Tabanan Dibawah HPP. Ini Penjelasanya

  • 18 April 2022
  • 17:04 WITA
  • News
Kadis Pertanian Tabanan I Nyoman Budana turun ke Subak yang ada di wilayah Kediri yakni Subak Demung dan Subak Bengkel, Senin ( 18 April 2022) . 

TABANAN, Balitopnews.com - Anjloknya harga gabah saat panen raya di Tabanan seperti yang dimuat di Balitopnews.com https://www.balitopnews.com/read/202204170001/petani-tabanan-menjerit-panen-raya-harga-gabah-anjlok.html#.YlufTr08tUk.whatsapp 

membuat jajaran Dinas Pertanian Tabanan kelimpungan. 

 

Kadis Pertanian Tabanan I Nyoman Budana langsung turun ke Subak yang ada di wilayah Kediri yakni Subak Demung dan Subak Bengkel, Senin ( 18 April 2022) . 

 

Pertama yang disasar adalah Subak Demung, Desa Kediri, Kecamatan Kediri, Tabanan. Di Subak Demung sebagian besar 

gabah petani dibeli oleh KUD Denbantas dengan kisaran harga Rp 3.900 per kilograms . "Dengan harga bersih di tingkat petani rata rata Rp 3.200 sampai  Rp 3.400 perkilogram," jelas Budana.  Dikatakanya, produktivitas rata rata 45 kwintal/ha mengalami penurunan produktivitas yang  biasanya  70 kwintal/ ha. " Ini disebabkan karena adanya serangan OPT (Organisme Pengganggu Tanaman) yaitu hama dan penyakit seperti tikus, tungro, busuk pelepah batang (beluk) sehingga kwalitas dan hasil gabah menurun," tambahnya. Beberapa petani di Subak Demung menyerahkan gabah ke tengkulak dengan kisaran rata rata Rp 150 ribu per are. 


 

Sementara itu di Subak Bengkel, Kediri, petani setempat panen pada bulan  Maret dan April. Di awal panen, kisaran harga di tingkat petani mencapai harga  Rp 3.800 per kilograms dengan produktivitas mencapai 98 kwintal per hektar. "Namun di bulan April ini produktivitas menurun di kisaran   50 kwintal per hektar. Dengan harga sedikit di bawah HPP (Harga Pembelian Pemerintah) yaitu kisaran Rp 3.300 per kilogram," jelas Budana. Penurunan produksi diakibatkan  adanya serangan penyakit kresek, belukan. Sisi lain terbatasnya buruh panen berakibat keterlambatan waktu panen. Harga gabah di tingkat penebas harga kisaran Rp 170 ribu per are. 

 

Perlu diketahui harga HPP di tingkat petani Rp 4.200 per kilograms. Jika HPP saat ini yang diterima petani di Tabanan Rp 3.300 per kilograms jadi setiap satu kilograms petani di Tabanan kehilangan Rp 900 . (Md) 


TAGS :

Komentar