Tingkatkan IKU PTN, Universitas Udayana Launching Tiga Program MBKM

Tingkatkan IKU PTN, Universitas Udayana Launching Tiga Program MBKM

MANGUPURA, Balitopnews.com - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Udayana menggelar  launching tiga program kampus merdeka (MBKM) yaitu MBKM Membangun Desa/Kuliah Kerja Nyata Tematik, Hibah Penelitian/Riset Kampus Merdeka dan Panduan Program Hibah Penulisan Buku di Tahun 2022 yang bertujuan untuk membantu meningkatkan Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi Negeri (IKU PTN).

Tiga program MBKM tersebut diluncurkan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. I Gede Rai Maya Temaja, M.P mewakili Rektor Unud didampingi Ketua LPPM Unud Prof. Dr. drh. I Nyoman Suarsana, M.Si dan turut dihadiri oleh Sekretaris LPPM, Para Dekan dan Koordinator Program Studi, di Ruang Bangsa Gedung Rektorat, Kampus Jimbaran, Rabu (20 April 2022).

Ketua LPPM Unud Prof. Dr. drh. I Nyoman Suarsana, M.Si mengatakan tiga program MBKM ini dibuka untuk Tahun 2022 dan bisa diikuti oleh mahasiswa dan dosen. Untuk pendaftaran program MBKM Membangun Desa/Kuliah Kerja Nyata Tematik, dan Hibah Penelitian/Riset Kampus Merdeka dibuka selama semester genap, dengan menyasar mahasiswa S1. Kemudian, dari pendaftaran dilanjutkan tahap eksekusi dua program tersebut di Bulan Agustus sampai Desember 2022.

Sementara itu, untuk Program Hibah Penulisan Buku dengan sasaran dosen di lingkungan Universitas Udayana sudah dimulai pada Bulan April 2022. Lalu dilanjutkan hingga Bulan November Tahun 2022, berupa tahap eksekusi hasil akhir buku yang masuk syarat program MBKM.

Prof. Suarsana mengatakan melalui tiga program ini, LPPM bisa membantu meningkatkan pencapaian IKU PTN. "Kalau dari LPPM bisa membantu capaian IKU 1 yaitu Lulusan Mendapat Pekerjaan yang Layak, lalu IKU 3 yaitu Dosen Berkegiatan di luar kampus dan IKU 5 terkait Hasil Kerja Dosen Digunakan Oleh Masyarakat Atau Mendapat Rekognisi Internasional," katanya.

Ia berharap ketercapaian IKU bisa meningkat melalui keikutsertaan mahasiswa, lalu memfasilitasi dosen yang mempunyai ketertarikan dalam menulis buku sehingga bisa mendongkrak hasil terbitan buku oleh civitas Universitas Udayana.

"Untuk MBKM KKN Tematik kita harapkan banyak mahasiswa berminat dan besar harapan kami mahasiswa bisa banyak yang ikut. Kalau menjelang KKN ada 4.000 sampai 5.000 mahasiswa KKN, dari 10 persennya atau sekitar 500 mahasiswa bisa ikut, sehingga bisa membantu capaian IKU," katanya.

Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. I Gede Rai Maya Temaja, M.P sangat mendukung aplikasi program ini terutama meningkatkan jumlah mahasiswa belajar di luar kampus. 

"Selain untuk meningkatkan IKU yang masih cukup rendah, juga selama ini kita hanya mengikuti program-program pemerintah terbatas sekali karena ada persaingan kompetisi. Jadi kita secara mandiri membuat program MBKM mandiri dan KKN Tematik atau Membangun Desa dan Program Riset atau Penelitian Kampus Merdeka untuk mahasiswa di laboratorium yang sudah terverifikasi," kata Prof. Rai Maya Temaja.

Ia berharap kedepannya terjadi peningkatan jumlah mahasiswa belajar di luar kampus, lalu Unud juga bisa mengambil bagian dalam membangun desa, sehingga mahasiswa dibentuk untuk mampu memahami dinamika dalam dunia pekerjaan serta permasalahan di masyarakat.

Sedangkan untuk Hibah Penulisan Buku yang akan dilakukan oleh dosen diharapkan bisa merealisasikan banyak buku dan meningkatkan gairah dalam menulis buku.

Dalam acara peluncuran ini juga dilakukan Sosialisasi Pedoman dan Petunjuk Teknis MBKM Membangun Desa/KKNT, Hibah Penelitian/Riset Kampus Merdeka dan Hibah Penulisan Buku dengan beberapa narasumber yakni Ketua LPPM, Sekretaris LPPM Ni Made Ary Esta Dewi Wirastuti, Ph.D, Tim USDI Duman Care Khrisne, ST.,MT dan I Made Arsa Suyadnya, ST.,MT serta Kepala PWK Rajagrafindo Persada Bali Nusra, Nurarianto.


https://www.unud.ac.id/in/berita4466-Tingkatkan-IKU-PTN-Universitas-Udayana-Launching-Tiga-Program-MBKM.html(gix)


TAGS :

Komentar