Prosesi Nyenuk di Karya Agung Ngenteg Linggih Pura Prajapati Banjar Adat Bongan Pala Libatkan 42 Penari 

  • 10 Juni 2022
  • 18:06 WITA
  • News
Para penari siap melaksanakan upacara nyenuk rangkaian Karya Agung Ngenteg Linggih di Pura Prajapati Bongan Pala, Jumat (10 Juni 2022)

TABANAN,Balitopnews.com – Rangkaian Karya  Agung Ngenteg Linggih di Pura Prajapati, Pura Luhur Beji dan Padmasana Banjar Adat Bongan Pala dilanjutkan dengan prosesi upacara nyenuk yang digelar Jumat (10 Juni 2022). Upacara yang dipuput oleh Ida Begawan Putra Taman Sekar Gria Jelijih, Selemadeg Timur, Tabanan dimulai sejak pukul 10.00 diawali dengan prosesi pedanan, pasar agung, ngeremekin, ngebek, mekebat daun, mejauman dan nyenuk. 

Ketua Bago  Upacara dan Upakara  Karya Agung Ngenteg Linggih Pura Prajapati Banjar Adat Bongan Pala I Made Sumerta  mengatakan, Puncak Karya Ngenteg Linggih digelar pada Umais Galungan Kamis ( 9 Juni 2022) yang telah berjalan dengan lancar. “Hari ini Jumat ( 10 Juni 2022) serangkaian upacara lanjutan digelar seperti pedanan, pasar agung, ngeremekin, ngebek, mekebat daun, mejauman dan nyenuk,” tandasnya. Untuk prosesi nyenuk melibatkan 42 orang penari  dengan konsep  anca Dewata, dari Utara meliatkan 4 penari dengan kostum warna  Hitam, dari Timur melibatkan 5 penari dengan kostum  warna Putih, dari Selatan melibatkan 8 penari dengan kostum warna merah, dari Barat melibatkan 7 penari dengan kostum warna kuning dan di tengah tengah melibatkan 9 penari dengan warna Brumbun. “Pada prosesi ini Penembahan Linggsir juga tedun ngelawang di wewidangan banjar adat,” tandasnya. Sementara itu untuk upacara hari Sabtu ( 11 Juni 2022) dilanjutkan dengan metatah dan mepetik masal. “Metatah massal diikuti 43 orang sedangkan mepetik diikuti 30 orang,” tambahnya. Ditegaskanya,  Penyineban Karya Agung Ngenteg Linggih di Pura Prajapati diakhiri dengan Upacara Nyegara Gunung ke Pura Luhur Tanah Lot dan Pura Luhur Batukaru pada hari Senin mendatang ( 13 Juni 2022) . 
Sementara itu Kelihan Adat Banjar Bongan Pala I Wayan Swastika mengatakan puncak Karya Agung Ngenteg Linggih Pura Prajapati, Pura Beji lan Padmasana Banjar Adat Bongan Pala berlangsung pada Kamis ( 9 Juni 2022) berjalan lancar yang diikuti seluruh krama adat banjar Bongan Pala. “Jumlah KK banjar adat kami sebanyak 160 Kepala Keluarga,” tandasnya. Sedangkan untuk biaya sesuai dengan Rencana Anggaran Biaya ( RAB ) sekitar Rp 975 juga yang bersumber dari urunan krama serta sumbangan serta dana punia dari krama. “Kami menyampaikan terimakasih kepada  krama banjar serta para donatur yang telah menyumbangkan dana maupun tenaganya untuk kelancaran karya ngenteg linggih ini,” tandasnya.
I Gusti Komang Supica yang diberikan mandat dan dipercaya sebagai Pemangku Pura Prajapati Bongan Pala mengucapkan terimakasih kepada seluruh Krama Bajar Adat Bongan Pala atas kepercayaan diberikan kepadanya menjadi pengayah sebagi Pemangku di Pura Prajapati. “Terimakasih sebesar besarnya kepada semua krama adat yang telah memberikan kepercayaan kepada Tyang ngayah sebagai Pemangku Pura Prajapati. Tyang jalankan mandat ini dengan sebaik baiknya,” jelas Jro Mangku Pura Prajapati Bongan Pala. ( Md )


TAGS :

Komentar