UPT Bahasa Udayana Gelar Workshop Nasional 1 FILBA 2022

UPT Bahasa Udayana Gelar Workshop Nasional 1 FILBA 2022

MALANG, Balitopnews.com - Forum Institusi Layanan Bahasa (FILBA) merupakan forum yang professional, ilmiah dan kolaboratif dalam bidang pengembangan, penjaminan dan penyediaan layanan pendidikan/pelatihan, pengujian, penerjemahan dan layanan-layanan Bahasa lainnya.

Bertempat di Universitas Muhammadiyah Malang, diselenggarakan Workshop Nasional pertama FILBA, Rabu (8 Juni 2022). Adapun tujuan peyelenggaraan adalah melakukan sosialisasi dan finalisasi rancangan Standar Nasional Pelatihan Bahasa, Penerjemahan dan Penyuntingan Bahasa Pendidikan Tinggi. Workshop juga untuk menyusun kisi-kisi keterampilan bahasa yaitu Listening, Reading, Writing dan Speaking TKBI FILBA melalui Divisi Pengujian Bahasa. Selain itu kegiatan workshop juga Menyusun rancangan dokumen Mutu Pelatihan Bahasa, Pengujian dan Penerjemahan Bahasa melalui Divisi Penjaminan Mutu. Dalam kegiatan ini, UPT Bahasa Unud berkontribusi sebagai  divisi pengujian bahasa.

Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Saymsul Arifin, M.Si. menyambut baik kegiatan ini dan mengharapkan ada hasil kongkrit yang bermafaat bagi semua anggota FILBA. Salah satunya adalah Tes Bahasa Iggris Akademik bagi anggota FILBA dan umum. 

Kegiatan di tanggal  9 Juni diisi Keynote Speech oleh Prof. Ali Saukah, Ph.D yang juga merupakan penasehat TEFLIN. Ali Saukah meyampaikan perihal Assesment vs Evaluation, Examination, Standardization, Standardize Test, Quality Assurance and English Language Test Developmet. Ali Saukah berharap melalui FILBA, Indonesia segera memiliki tes yang setara dengan TOEFL ITP atau IELTS. 

Acara workshop terakhir Jumat (10 Juni 2022) diisi presentasi parallel dari masing-masing Divisi. Divisi Pengujian Bahasa yang terbagi menyusun kisi-kisi TKBI untuk skill Reading dan Writing. Selain itu juga tim yang terbagi untuk skill Listening dan Speaking turut mempresentasikan hasil diskusi. Presentasi berlanjut dengan pemaparan mengenai standardisasi rancangan dokumen mutu pengujian, penerjemahan dan pelatihan bahasa. Kegiatan presentasi di hari terakhir ditutup oleh Kepala Pusat Bahasa UMM.

Kepala Pusat Bahasa UMM Dr. Masduki menyampaikan apresiasi atas partisipasi dan kontribusi para peserta dari seluruh Lembaga Bahasa Pergurua Tinggi yang ada di Indonesia  yang turut andil dalam penyusunanan kisi-kisi keterampilan Bahasa dan juga rancangan dokumen mutu.

Joko Priyono selaku Ketua FILBA menyampaikan lanjutan perihal pengembangan TKBI yang akan dilakukan pada Workshop Nasional II dengan tuan rumah UMS Surakarta pada bulan November mendatang. Standar layanan Bahasa melalui divisi Kerjasama diajukan ke Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi sebagai sebuah standar layanan yang diharapkan dapat berlaku secara Nasional. Acara workshop ditutup dengan kegiatan Cultural Visit yang dilaksanakan Sabtu (11 Juni 2022).

https://www.unud.ac.id/in/berita4595-UPT-Bahasa-Udayana-dalam-Kegiatan-Workshop-Nasional-1-FILBA-Tahun-2022.html(gix)


TAGS :

Komentar