Pasca Sarjana Unud Gelar Focus Group Discussion (FGD) Pedomik Magister dan Doktor

Pasca Sarjana Unud Gelar Focus Group Discussion (FGD) Pedomik Magister dan Doktor

DENPASAR, Balitopnews.com - Pascasarjana Universitas Udayana mengadakan Focus Group Discussion (FGD) dengan materi Penyusunan Buku Pedoman Akademik (Pedomik) Program Magister dan Doktor, di Aula Pascasarjana Unud, Rabu (15 Juni 2022). Acara ini turut mengundang para Dekan, Koordinator Program Studi Magister dan Doktor dibuka oleh Rektor Universitas Udayana Prof.Dr.Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng.IPU.

Rektor Unud mengatakan FGD ini dilaksanakan dengan harapan agar ada pedoman akademik ini komprehenship dan prospektif. Perlu diperhatikan Pedomik disesuaikan dengan peraturan terbaru sehingga perlu banyak penyesuaian Permendikbud No. 3 tahun 2020. Pedomik dirancang untuk mencapai standar unggul. Namum pada bagian-bagian tertentu cukup poin 3 karena syarat unggul cukup 3.61".

Direktur Pascasarjana Prof. Ir. Linawati, M.Eng.Sc.,Ph.D mengatakan Buku Pedoman Akademik ini menjadi acuan semua civitas akademika Magister dan Doktor dalam segala proses kegiatan akademik. Pedoman Akademik merupakan suatu hal yang penting untuk peningkatan mutu suatu pendidikan. Selain itu juga merupakan salah satu perangkat/kelengkapan akademik bagi mahasiswa dan akademika lainnya, dalam rangka memberikan suatu Pedoman bersama, untuk kelancaran pelaksanaan kegiatan akademika dan kemahasiswaan di Universitas Udayana.

Menurutnya Buku Pedoman ini juga harus bisa mendorong mahasiswa agar dalam proses perkuliahannya menjadi lebih terarah secara efektif dan efisien serta nantinya dapat menghasilkan alumni yang kompetitif dan unggul

Dalam sesi diskusi, tim FGD menyampaikan poin yang akan dibahas dalam kegiatan FGD. yaitu menyangkut Masa Studi, Sanksi, Tahapan Proses, Komunikasi Mahasiswa, Suasana Akademik, daya tampung, by research dan  by cost.

"Keberhasilan study adapun yang menjadi pemikiran, kita tidak bisa membuat pedoman akademik yang perfect untuk semua karena kebhinekaan dari program studi. Yang dimaksud dari kebhinekaan disini ada program studi yang sepi peminat dan ada juga yang ramai peminat dan kami harus mengakomodir itu dan juga kami harus memperhatikan akreditasi," ucap Direktur Pascasarjana.

https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas1231-Focus-Group-Discussion-FGD-Pedomik-Magister-dan-Doktor.html(gix)


TAGS :

Komentar