Kembangkan Model Deteksi ADHD, Sudarma Adiputra Raih Gelar Doktor Ilmu Kedokteran

Sudarma Adiputra Raih Gelar Doktor Ilmu Kedokteran

DENPASAR, Balitopnew.com - Ujian Promosi Doktor dilaksanakan secara offline dengan oromovendus Ns. I Made Sudarma Adiputra, S.Kep., M.Kes., dengan judul disertasi "Model Kemampuan Mengenal Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) pada Anak Pra sekolah di Keluarga Inti" di Ruang Sidang Pascasarjana, Kamis (23 Juni 2022).

Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) adalah gangguan dalam peningkatan aktivitas motorik anak-anak sehingga menyebabkan aktivitas anak-anak yang tidak lazim dan cenderung berlebihan. Prevalensi ADHD di dunia menunjukkan angka yang bervariasi antara 2-20%, Prevalensi ADHD di Indonesia belum diketahui secara pasti, hal ini disebabkan penelitian tentang prevalensi ADHD di Indonesia masih sangat sedikit, sehingga belum didapatkan angka pasti mengenai kejadian ADHD di Indonesia. 

Angka kejadian ADHD di Provinsi Bali belum diketahui, data ADHD hanya terbatas pada rekam medis pada tempat pelayanan anak berkebutuhan khusus. Keterbatasan data tentang anak dengan ADHD ini kemungkinan disebabkan oleh beberapa faktor seperti banyak orang tua yang tidak paham atau mengerti dengan kejadian ADHD tersebut sehingga tidak memeriksakan anak dengan gejala ADHD. Dari studi pendahuluan yang dilakukan peneliti pada Agustus 2017 yang dilakukan peneliti terhadap lima orang tua yang memiliki anak dengan ADHD, didapatkan hasil empat dari lima orang tua mengatakan terlambat mengetahui bahwa anak mereka menderita ADHD. Angka kejadian ADHD lebih menyerupai fenomena gunung es oleh karena banyak anak-anak dengan ADHD yang tidak mendapatkan penanganan dengan baik. Sebagian besar orang tua memahami ADHD setelah memeriksakan ke pelayanan kesehatan (psikolog/psikiater). Informasi mengenai ADHD sangat minim tersosialisasikan kepada orang tua. 

Ujian dipimpin Wakil Dekan Bidang Akademik dan Perencanaan  Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Dr. dr. I Gede Eka Wiratnaya, Sp. OT (K) dengan tim penguji : Prof. dr. Pande Putu Januraga, M.Kes., Dr.PH (Promotor), Dr. dr. Cokorda Bagus Jaya Lesmana, S.Ked., Sp.KJ (K), MARS (Kopromotor I), Dr. dr. Gde Ngurah Indraguna Pinatih, M.Sc, Akp. Sp.GK (Kopromotor II), Prof. Dr. dr. I Made Bakta, Sp.PD-KHOM, Prof. Dr. Ir. Ida Bagus Putra Manuaba, M.Phil, Dr. dr. I Made Sudarmaja, M.Kes, Dr. dr. Dyah Pradnyaparamita Duarsa, M.Si, Dr. Ni Made Swasti Wulanyani, S.Psi., M.Erg., Psikolog, Dr. Luh Seri Ani, SKM., M.Kes, Dr. Ni Ketut Sutiari, SKM., M.Si.

Sedangkan undangan akademik yakni : Dr. dr. Ketut Suarjana, MPH, Dr. Ni Putu Widarini, SKM., MPH, Dr. Ns. Ika Widi Astuti, S.Kep., M.Kep., Sp.Kep.Mat, Dr. Ns. Putu Ayu Sani Utami, S.Kep., M.Kep., Sp.Kep. Kom, Dr. Ns. Ni Made Dian Sulistiowati, M.Kep., Sp.Kep.J


Pada ujian kali ini Dr. Ns. I Made Sudarma Adiputra, S.Kep., M.Kes dinyatakan lulus sebagai Doktor Lulusan ke- 347 Program Studi Doktor Ilmu Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Udayana dengan predikat Sangat Memuaskan.

https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas1236-Kembangkan-Model-Deteksi-ADHD-Sudarma-Adiputra-Raih-Gelar-Doktor-Ilmu-Kedokteran.html(gix)


TAGS :

Komentar