Sosialisasi Program Wirausaha Merdeka (WMK) 2022, Unud Jadi Salah Satu Perguruan Tinggi Pelaksana

Sosialisasi Program Wirausaha Merdeka (WMK) 2022, Unud Jadi Salah Satu Perguruan Tinggi Pelaksana

DENPASAR, Balitopnews.com - Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ditjen Diktiristek Kemendikbudristek menyelenggarakan Sosialisasi Program Wirausaha Merdeka (WMK) 2022 secara daring, Senin (15 Agustus 2022). Sosialisasi ini dalam rangka pelaksanaan Program WMK Tahun 2022 yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi (Ditjen Diktiristek), dimana telah diumumkan tujuh belas perguruan tinggi pelaksana Program WMK tahun 2022. Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan dari sekitar 119 PTN dan PTS di Indonesia.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Unud Prof. Ngakan Putu Gede Suardana bersama Unit Pengembangan Kewirausahaan turut menghadiri kegiatan ini, dimana Unud juga terpilih sebagai salah satu dari 17 perguruan tinggi pelaksana Program WMK tahun 2022.

Plt. Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan  Dr. Ir. Sri Gunani Partiwi, MT menyampaikan bahwa sudah berlangsung proses seleksi yang dikuti beberapa Perguruan Tinggi diseluruh Indonesia dan terdapat 17 perguruan tinggi yang terpilih sebagai pelaksana karena telah memenuhi berbagai kriteria, serta diberikan kesempatan kepada seluruh mahasiswa menjadi mitra dalam program ini. Program WMK ini dilaksanakan sebagai wadah memfasilitasi dan akselerator bagi mahasiswa yang memiliki minat dan potensi di bidang wirausaha. 

Perguruan tinggi yang hadir dalam kegiatan ini adalah yang memiliki potensi besar yang dapat bergabung dengan program ini. Pihaknya mengajak untuk dapat menjadi bagian mitra yang mengirim mahasiswanya ke perguruan tinggi pelaksana. Hal ini dapat memenuhi IKU dimana mahasiswa diberikan bekal yang intensif, baik pengetahuan maupun skill dibidang wirausaha. Kemudian IKU, mahasiswa mendapat pengalaman di luar kampus. 

Perguruan tinggi pelaksana juga telah menyiapkan desain kurikulum wirausaha terbaik dan mengutamakan pengalaman dan praktek wirausaha bagi mahasiswa yang ikut program ini. Pimpinan Perguruan Tinggi juga diharapkan dapat menyesuaikan kurikulum mengacu kurikulum kampus merdeka serta mendorong dan memfasilitasi mahasiswa dan dosen pembimbing untuk berperan dalam WMK serta dapat memberikan pengakuan dan penyetaraan mahasiswa yang ikut program hingga 20 SKS. 

Ketua Program WMK Tahun 2022 Dr. Wachyu Hari Haji, MPM, CHRA  menyampaikan program wirausaha merdeka hadir untuk membantu mengurangi tingkat pengangguran terdidik dari lulusan perguruan tinggi, serta membantu meningkatkan kapasitas dan kualitas lulusan. Ada beberapa hal mendasar yang dibutuhkan  seorang wirausaha dalam memulai bisnis yakni mentorship, network, mindset dan enterpreneur basic skill.Terdapat 9.800 total lowongan mahasiswa akademik dan 3.100 total lowongan mahasiswa vokasi yang tersedia di program Wirausaha Merdeka ini, dimana ada 17 perguruan tinggi yang terpilih sebagai pelaksananya. Pendaftaran dapat dilakukan melalui website wirausahamerdeka.id hingga tanggal 26 Agustus 2022.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan diskusi antara perwakilan 13 perguruan tinggi pelaksana dan perguruan tinggi mitra serta tim pelaksana WMK terkait rekognisi pengakuan SKS.

https://www.unud.ac.id/in/berita4768-Sosialisasi-Program-Wirausaha-Merdeka-WMK-2022-Unud-Jadi-Salah-Satu-Perguruan-Tinggi-Pelaksana.html(gix)


TAGS :

Komentar