Tri Dharma Perguruan Tinggi, Menjadi Tema Pada Kegiatan PKKMB Fakultas Teknik Unud

Tri Dharma Perguruan Tinggi, Menjadi Tema Pada Kegiatan PKKMB Fakultas Teknik Unud

MANGUPURA, Balitopnews.com - Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru Tahun 2022 Fakultas Teknik Universitas Udayana dilaksanakan secara tatap muka di Gedung Widyasaba Rektorat Kampus Bukit Jimbaran, Selasa (16 Agustus 2022) 

Sebanyak 906 Mahasiswa yang terdiri dari 867 Peserta Mahasiswa Baru dan 39 Mahasiswa Lama terbagi dalam 20 gugus bergabung dalam acara ini. Pelaksanaan acara sendiri difokuskan pada dua kegiatan di Tingkat Fakultas dan di Tingkat Program Studi. PKKMB merupakan acara rutin yang diselenggarakan setiap tahun bagi Mahasiswa Baru Fakultas Teknik. PKKMB tahun ini mengambil tema "Penguatan Pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi Menuju FT-Unud berdaya saing Global."

Ceramah bidang umum dibawakan  Dekan Fakultas Teknik,  Ir. I Ketut Sudarsana, ST., Ph.D.. Ceramah Akademik membahas tentang topik Strategi Pembelajaran dan Implementasi MBKM di perguruan tinggi yang dibawakan Wakil Dekan Bidang Akademik dan Perencanaan, Prof. I Nyoman Suprapta Winaya, ST.,MA.Sc.,Ph.D. Wakil Dekan bidang  Umum dan Keuangan, Dr. Ir. I Ketut Gede Sugita, MT. membawakan topik tentang sarana dan prasana, norma, etika kampus dan sanksi-sanksi. Ceramah Bidang Kemahasiswaan, Ir. I Nyoman Budiastra, M.Erg membawakan topik Struktur Organisasi dan Kegiatan Kemahasiswaan. Ceramah terakhir tentang Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan (K3L) yang dibawakan oleh Bapak Made Dodiek Wirya Ardana, ST., MT.

Ir. I Ketut Sudarsana, ST., Ph.D. menyampaikan Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Udayana merupakan calon teknokrat muda Indonesia. Dimana pembentukan karakter Mahasiswa yang kreatif, inovatif, bertanggung jawab dan memiliki semangat berkompetisi merupakan poin penting selama menjadi Mahasiswa Fakultas Teknik. Mahasiswa diharapakan menguatkan jejaring dan bekerjasama diluar kegiatan akademik yang saling menghormati dan mengahargai didalam etika berorganisasi. Dekan Fakultas Teknik menegaskan Sistem Pendidikan di tingkat Universitas berbeda dengan ditingkat sekolah menengah dimana Mahasiswa dituntut untuk menjadi Mahasiswa yang bertanggungjawab baik pada diri sendiri, keluarga, institusi dan Bangsa. 

Rektor Universitas Udayana, Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng., IPU. menyampaikan PKKMB Fakultas ini akan memberikan makna lebih setelah adanya PKKMB Universitas.  

"Jaga nama baik prodi dengan rasa tanggung jawab. Pahami setiap akademik dan juga kemahasiswaan di tingkat Fakultas hingga mistra bestari. Target untuk mahasiswa yang lulus tepat waktu sangatlah tinggi. Lulus tidak tepat waktu hal yang tidak baik untuk pribadi, keluarga maupun institusi. Kenali kegiatan kemahasiswaan yang mendukung studi maupun diluar akademik. Kalian merupakan mahasiswa terbaik yang diterima di fakultas Teknik. Akademik juga diseimbangi dengan kegiatan organisasi di kampus. Menjadi Sarjana Teknik yang memiliki kompetensi yang lain yang lebih unggul dari alumni teknik universitas lain,” sebutnya.

Hari pertama para mahasiswa diperkenalkan kehidupan kampus di Fakultas Teknik Universitas Udayana. Melalui penjelasan skema dan proses pembelajaran serta perkenalan terhadapa struktur organisasi yang berada di tingkat fakultas. Materi pengenalan dibawakan oleh Dekan Fakultas Teknik Ir. Ketut Sudarsana S.T., Ph.D., dengan target secara umum bahwa setiap mahasiswa baru Fakultas Teknik mempunyai kapabilitas untuk mengukir prestasi di bidang kemahasiswaan serta dapat berperan aktif dalam kegiatan kemahasiswaan. Selain itu, melaui penjelasan tentang pengenalan tentang fakultas teknik Dekan Fakultas Teknik.

https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas1607-Tri-Dharma-Perguruan-Tinggi-Menjadi-Tema-Pada-Kegiatan-PKKMB-Fakultas-Teknik-Universitas-Udayana.html(gix)


TAGS :

Komentar