FKH Unud adakan Penanggulangan Dermatitis dan Pengendalian Rabies di Desa Sedang

FKH Unud adakan Penanggulangan Dermatitis dan Pengendalian Rabies di Desa Sedang

MANGUPURA, Balitopnews.com - Dekan Fakultas Kedokteran Hewan, Prof. Dr. drh. I Nyoman Suartha, M.Si, membuka kegiatan Program Udayana untuk Masyarakat (PUMA) di Desa Sedang, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung, Kamis (25 Agustus 2022).

Program Udayana untuk Masyarakat ini mengambil  tema “Penanggulangan Dermatitis dan Pengendalian Rabies melalui Kontrol Populasi Anjing di Desa Sedang dalam Upaya Mendukung Desa Sedang sebagai Desa Wisata". Sesuai dengan tema yang diambil, program ini dilaksanakan dengan berbagai bentuk kegiatan yang meliputi edukasi rabies, kontrol populasi, pengobatan dermatitis menggunakan herbal, sterilisasi dan kastrasi hewan kesayangan, serta vaksinasi rabies. Dalam pelaksanaan serangkaian kegiatan tersebut, Universitas Udayana melakukan kolaborasi dengan sejumlah lembaga terkait, diantaranya Yayasan Sheva Buana, Anom Vet, serta Forum Dokter Hewan Peduli. 

Program edukasi seputar rabies diberikan oleh Dosen FKH UNUD kepada anak-anak TK Gatot Kaca, Desa Sedang. Hal ini sangat penting terutama pada anak-anak yang memiliki hewan peliharaan serta tinggal di daerah yang berisiko tinggi digigit anjing liar. 

Program Udayana untuk Masyarakat mendapatkan banyak respon positif dari masyarakat setempat. Hal tersebut ditunjukkan dari banyaknya masyarakat yang berpartisipasi dalam serangkaian kegiatan yang dilaksanakan. 

Sedangkan untuk kegiatan sterilisasi dan kastrasi ditangani oleh para dokter hewan yang tergabung dalam Forum Dokter Hewan Peduli dan Anom Vet. Adanya sterilisasi dan kastrasi ini bertujuan untuk mengendalikan populasi anjing dan kucing yang sekarang ini tingkat keberadaannya cukup tinggi di lingkungan masyarakat. Selain itu, kegiatan tersebut dapat mengurangi perilaku agresif serta mengurangi risiko gangguan prostat pada hewan.

Dengan dilakukannya program penyuluhan ini, diharapkan setiap masyarakat mendapatkan edukasi tentang betapa pentingnya menjaga kesehatan hewan peliharaan, mengontrol populasi hewan kesayangan agar tidak terjadi over populasi serta diharapkan pula mampu mencegah penyebaran penyakit rabies dan dermatitis pada hewan kesayangan di Desa Sedang, Badung. 

https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas1691-Dukung-Desa-Sedang-sebagai-Desa-Wisata-FKH-Unud-adakan-Penanggulangan-Dermatitis-dan-Pengendalian-Rabies-di-Desa-Sedang-.html(gix)


TAGS :

Komentar