Webinar Nasional  Memotret Kebijakan Pengembangan Pariwisata di Destinasi Rawan Bencana

Webinar Nasional  Memotret Kebijakan Pengembangan Pariwisata di Destinasi Rawan Bencana

DENPASAR, Balitopnews.com - Guna memperkuat pemahaman manajemen krisis pada destinasi wisata, Program Studi Doktor Pariwisata Universitas Udayana Angkatan 13 Tahun 2022 menggelar webinar nasional bertajuk “Travel by Design : Memotret Kebijakan Pengembangan Pariwisata di Destinasi Rawan Bencana”, Selasa (1 November 2022). 

Webinar menghadirkan narasumber pakar dari Department Public Policy and Management, Faculty of Social and Political Science, Universitas Gadjah Mada, Erda Rindrasih, S.Si, MURP, PhD.


Wakil Dekan I Fakultas Pariwisata sekaligus Dosen Pengampu Mata Kuliah Krisis Disaster Dalam Pariwisata, Dr. I Nyoman Sukma Arida, S.Si.,M.Si menekankan pentingnya manajemen krisis bagi pembangunan kepariwisataan di Indonesia dan di Bali sendiri. Ia berharap melalui webinar ini mahasiswa mampu memahami lebih dalam  materi perkulihaan yang telah diajarkan di kelas dengan pengayaan materi terkait kebijakan pengembangan pariwisata pada daerah rawan bencana.  

Narasumber memaparkan keterkaitan pariwisata dengan mobilitas dan pentingnya mendesain mobilitas tersebut dengan memperhatikan faktor resiko bencana. Mengambil studi kasus pada bencana tsunami di Aceh, narasumber memaparkan tahapan pembangunan kepariwisataan pasca bencana dikaitkan dengan teori Tourist Area Life Cycle serta penerapan manajemen penanggulanan bencana (disaster risk reduction) dan manajemen resiko bencana (disaster risk manajement).

Dimoderatori oleh mahasiswa program doktor pariwisata Unud, sekaligus pengamat pariwisata Bali,  Hery Angligan SH, M.Par., webinar nasional ini dihadiri oleh 232 peserta dari berbagai wilayah di Indonesia. Tingginya antusias peserta terlihat dari banyaknya pertanyan yang masuk pada sesi tanya jawab dan diskusi. Bahkan karena keterbatasa waktu tidak semua pertanyaan dapat didiskusikan. Webinar diakhiri dengan resume yang disampaikan oleh dosen pengampu mata kuliah Krisis Disaster Dalam Pariwisata lainnya yaitu Dr. Ni Putu Ratna Sari, S.ST.Par.,M.Par serta pemberian sertifikat penghargaan kepada narasumber dan pembagian doorprize kepada para penanya yang beruntung.(gix)


TAGS :

Komentar