Kolaborasi Seluruh Prodi FTP Unud Gelar Pengabdian Masyarakat di Petang

Kolaborasi Seluruh Prodi FTP Unud Gelar Pengabdian Masyarakat di Petang

MANGUPURA, Balitopnews.com - Seluruh Program Studi di Lingkungan Fakultas Teknologi Pertanian  Universitas Udayana yaitu Program Studi Teknologi Pangan, Program Studi Teknologi Industri Pertanian dan Program Studi Teknik Pertanian dan Biosistem berkolaborasi melaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat di Banjar Kerta, Desa Petang, Kecamatan Petang, Kabupaten Badung, Minggu (13 November 2022)

Kegiatan ini dibuka Dekan Fakultas Teknologi Pertanian, Prof. Ir. I Made Anom Sutrisna Wijaya, M.App.Sc., Ph.D., dan dihadiri oleh Wakil Dekan II, Wakil Dekan III FTP Unud, Seluruh Koordinator Program Studi di Lingkungan FTP Unud. Selain itu juga dihadiri oleh Kelian Dinas Banjar Kerta bapak Gusti Putu Arya, Ketua KWT Swadaya Putri beserta anggota.

Sebelumnya juga telah dilaksanakan pendampingan kepada KWT Swadaya Putri yaitu Pendampingan I dilaksanakan pada Tanggal 27 Oktober 2022 dan Pendampingan II telah dilaksanakan pada tanggal 12 November 2022 dengan memberikan pelatihan dan informasi untuk anggota KWT dan masyarakat. Pada tanggal 13 November 2022 diadakan pengabdian kepada masyarakat yang diikuti oleh Anggota KWT Swadaya Putri. Perwakilan dosen dari masing-masing program studi memberikan pelatihan sesuai bidangnya. Dosen Prodi Teknologi Pangan FTP Unud Ni Luh Ari Yusasrini, S.TP., M.P. memberikan materi Pendampingan Pembuatan Teh Herbal Temu Putih, Dosen Prodi TIP FTP Unud Ni Putu Suwariani, S.TP., M.Biotech, memberikan materi Pendampingan optimalisasi Kemasan Jahe Merah Instan sebagai Buah Tangan Desa Wisata Petang dan Dosen Prodi TPB FTP Unud Ida Ayu Gede Bintang Madrini, S.TP, M.Agr, Ph.D., memberikan materi Pembersihan Sampah Plastik Pada Saluran Air di Lingkungan Masyarakat Pedesaan.

Kelian Dinas Banjar Kerta, Gusti Putu Arya mengatakan yang menjadi permasalahan dari produk yang dihasilkan oleh KWT adalah belum ada izin edar sehingga sulit untuk memasarkan dan menitipkan produk pada toko-toko besar. Kalau dari kebersihan sudah dapat dipastikan bersih karena pernah  dibimbing dan dicek oleh Dinas Kesehatan setempat.

Dekan Fakultas Teknologi Pertanian, Prof. Ir. I Made Anom Sutrisna Wijaya, M.App.Sc., Ph.D. berharap kegiatan pengabdian dan pendampingan terjalin komunikasi dan akan selalu mendampingi KWT Swadaya Putri sehingga nantinya bisa mendapatkan izin edar dan pengembangan produknya yang diharapkan mampu menjadi salah satu ciri khas produk dan buah tangan dari Banjar Kerta Desa Petang.

https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas2175-Kolaborasi-Seluruh-Program-Studi-di-Lingkungan-FTP-Unud-Laksanakan-Pengabdian-Kepada-Masyarakat-di-Banjar-Kerta-Petang.html(gix)


TAGS :

Komentar