Berparade Kenakan Pakaian Adat Bali, Bupati Sanjaya Buka Parade Budaya Nusantara Semarak HUT ke-529 Kota Tabanan

  • 27 November 2022
  • 21:11 WITA
  • News
Bupati Tabanan IKG Sanjaya bersama Ny Rai Wahyuni Sanjaya ikut parade mengenakan busana adat Bali dalam parade budaya nusantara HUT 529 Kota Tabanan

TABANAN,Balitopnews.com -  Ada yang unik dari rangkaian kegiatan HUT ke-529 Kota Tabanan tahun ini, bukan hanya menampilkan pagelaran seni dan tabuh, namun Pimpinan Daerah dan Kepala OPD di lingkungan Pemkab Tabanan juga turut berparade menggunakan pakaian adat Bali serta tokoh pewayangan. Rombongan dipimpin langsung oleh Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya SE, MM, beserta Ny. Rai Wahyuni Sanjaya yang tampak sangat serasi memakai Payas Agung Modif, Minggu, (27 November 2022)

 

Riuh ramai kegembiraan ribuan penonton yang memadati sepanjang Jalan Pahlawan menuju Jalan Gajah Mada Tabanan, menyambut perjalanan Bupati Sanjaya dari kantor Bupati menuju podium yang terletak di Jalan Gajah Mada Tabanan. Nampak juga dalam iring-iringan, Tjokorda Anglurah Tabanan, Pimpinan DPRD Tabanan beserta anggotanya, jajaran Forkopimda, Sekda, para Asisten dan seluruh OPD di lingkungan Pemkab Tabanan, yang turut mengenakan pakaian Adat Bali dan tokoh Pewayangan.

 

Dengan mengambil konsep “Bhineka Tunggal Ika”, tentunya mengacu pada visi misi Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani serta menjunjung rasa gotong-royong dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat. Terbukti dalam Parade Budaya Nusantara kali ini,  bukan hanya menampilkan persatuan seni dan budaya nusantara, tetapi juga menampilkan persatuan dari seluruh komponen masyarakat.

 

Dalam perjalanan dari kantor Bupati, rasa haru bercampur bangga tak terelakan dari raut wajah Bupati Sanjaya, ketika melihat antusias masyarakat yang begitu tinggi. Nampak, Bupati Sanjaya tiada hentinya mencangkupkan tangan di dada dan sesekali melambaikan tangan sebagai wujud penghargaannya kepada seluruh komponen masyarakat yang turut memeriahkan perayaan HUT ke-529 Kota Tabanan tahun ini.

 

Sanjaya juga menambahkan, bahwa Parade Budaya Nusantara ini sangat penting dilakukan kedepannya, bukan hanya untuk melepas dahaga masyarakat yang haus akan hiburan tetapi juga untuk menumbuhkan ekonomi kerakyatan. Selain itu, Sanjaya berpesan agar melalui budaya untuk memperteguh toleransi bangsa berdasarkan Bhineka Tunggal Ika dan nilai-nilai Pancasila.

 

Dengan menggaungkan Ibu Kota “Singasana” serta menampilkan berbagai pagelaran seni dan budaya dari ribuan seniman tari dan tabuh, seperti Adi Merdangga, Okokan, Reog Ponorogo, Barong Sai dan lainnya, sekaligus dalam pembukaan Parade Budaya Nusantara ini, Bupati Sanjaya memperkenalkan Tari Kebesaran Kota Tabanan yaitu Tari Jayaning Singasana AUM. Dulu Tabanan mempunyai tarian maskot Bungan Sandat Serasi yang sangat elegan dan sekarang memiliki Tarian  Kebesaran Jayaning Singasana AUM.

 

“Tabanan banyak punya tarian yang bagus. Kemarin menciptakan Tarian maskot Bungan Sandat Serasi, yang sangat bagus sekali. Sekarang pun, tarian kebesaran Tabanan bernama Tari Jayaning Singasana AUM. Jayaning berarti Jaya atau Kejayaan, Singasana bermakna Linggih atau Sasana dan AUM adalah Aman, Unggul dan Madani, sehingga tarian ini akan menggambarkan kejayaan Kabupaten Tabanan sebagai Singasana yang bergerak terus, dinamis, bersinergi antar pemimpin dan rakyatnya,” ungkap Sanjaya.

 

Masyarakat Tabanan mengaku sangat bangga dan gembira sekali bisa menyaksikan pagelaran seni dan budaya ini, seperti yang dituturkan oleh Putu Lionk, Pria asal Beng, Tabanan. “Saya sangat bangga menjadi orang Tabanan apalagi dengan program Era Baru Bapak Komang Sanjaya selaku Bupati Tabanan dengan tema Jayaning Singasana, ini sangat luar biasa. Seolah-olah masyarakat Tabanan, dari hausnya luar biasa dan hari ini seperti ada hujan yang turun dari langit. Tumpah ruah masyarakat Tabanan dan sangat bangga menikmati daripada Parade Budaya hari ini,” ujar Lionk.

 

Selaku masyarakat Tabanan, Ia juga berharap agar setiap tahunnya kegiatan ini bisa dilaksanakan karena menurutnya sangat luar biasa dan hebat serta meriah di Kota Pelangi Lumbung Berasnya Bali. “Semoga selalu menjadi jaya di eranya Bapak Komang Sanjaya dengan program menuju Tabanan Era Baru, Aman, Unggul dan Madani. Semoga jaya selalu dan sukses untuk Kota Tabanan. Selamat Ulang Tahun ke-529 Kota Tabanan, Jayaning Singasana,” tutupnya. (Rls/Btnc)

 

 

 

 

 

 

 
 


TAGS :

Komentar