Universitas Udayana Gelar Wisuda ke-151, Rektor Lepas 898 Wisudawan

Universitas Udayana Gelar Wisuda ke-151, Rektor Lepas 898 Wisudawan

MANGUPURA, Balitopnews.com - Universitas Udayana menggelar Wisuda Ke-151, di Auditorium Widya Sabha Kampus Unud Jimbaran, Sabtu (3 Desember 2022). Wisuda periode ini diikuti 898 wisudawan dari seluruh fakultas di lingkungan Unud.

Wakil Rektor Bidang Akademik Unud Prof. Dr. Ir. I Gede Rai Maya Temaja, MP.,IPU  menyampaikan Wisuda kali ini berasal dari tingkat Diploma 1 orang, Profesi 183 orang, Spesialis 60 orang, Sarjana (S1) 547 orang, Magister 84 orang dan Doktor 23 orang. Dengan demikian, dari awal berdirinya Universitas Udayana sampai saat ini sudah memiliki alumni sebanyak 113.204 orang. Dari jumlah wisudawan tersebut yang memperoleh predikat Dengan Pujian atau Cum Laude sebanyak 217 orang. Wisudawan hari ini didominasi oleh kaum Perempuan yang jumlahnya 511 orang sedangkan wisudawan Laki- laki hanya 387 orang.

"Melalui pendidikan yang telah ditempuh, saudara tidak hanya menguasai ilmu pengetahuan tetapi juga berkehidupan yang cerdas dengan mengedepankan kepribadian yang baik dalam bekerja dan bermasyarakat, selalu memiliki dedikasi, inovasi dan kolaborasi dalam bekerja. Hal tersebut merupakan kunci kesuksesan dalam kehidupan saudara," ujarnya.

Sementara itu Rektor Unud Prof. I Nyoman Gede Antara mengatakan seluruh wisudawan telah lulus tepat waktu, yang menandakan seluruh proses perkuliahan telah berjalan sesuai standar yang ditetapkan. Unud selama ini, juga menerapkan tracing study kepada seluruh lulusan untuk mengetahui aktivitas alumni Unud setelah menyelesaikan pendidikan. Dari tracing studi tersebut, bisa diketahui apakah wisudawan tersebut telah bekerja atau belum dan apakah sesuai dengan minat bakat, kompetensi yang dimiliki serta besaran gaji yang diterima. 

"Dari tracing studi yang telah dilakukan sebelum-sebelumnya, sebagian besar lulusan unud telah bekerja. Bahkan Unud juga terus mendorong para mahasiswanya untuk memiliki pola pikir menjadi wirausahawan. Hal tersebut telah ditanamkan sejak di bangku kuliah dengan membuka inkubator bisnis, kurikulum wirausaha pendampingan dan sejenisnya. Hal ini bertujuan untuk membuka wawasan para lulusan agar tidak hanya berfokus mencari pekerjaan namun bisa menciptakan lapangan pekerjaan," ucapnya.

Unud juga terus berupaya mengupgrade kurikulum yang dimiliki agar sesuai dengan kebutuhan dunia kerja yang semakin dinamis dewasa ini. Pihaknya kerap meminta masukan dan informasi dari para alumni yang telah bekerja, terkait ilmu-ilmu dan kompetensi apa yang diperlukan, sehingga unud bisa membuat kurikulum yang lebih tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan dunia industri. Untuk meningkatkan kualitas lulusan Unud juga telah berupaya menjalin kerjasama dengan berbagai pihak dalam rangka meningkatkan kompetensi mahasiswa agar mereka lebih berdaya saing dan lebih mudah merebut peluang di dunia kerja.

Selain itu juga Rektor juga menyampaikan bahwa Unud saat ini sedang bertransformasi menuju Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH). Melalui PTNBH, Unud bermaksud untuk melakukan peningkatan dalam konteks tata kelola dan pemberdayaan segenap aset yang dimiliki dan meningkatkan pelayanan dan mutu pendidikan tinggi di Unud. Melalui PTNBH, Unud diharapkan dapat tumbuh dan berkembang menjadi lembaga pendidikan tinggi yang lebih berkualitas ke depannya. PTNBH juga menjadi salah satu syarat bagi Unud untuk nantinya dapat meraih status World Class University menuju universitas dengan kualitas internasional dan berdaya saing global.

https://www.unud.ac.id/in/berita5212-Universitas-Udayana-Gelar-Wisuda-ke-151-Rektor-Lepas-898-Wisudawan.html(gix)


TAGS :

Komentar