Bulan Bahasa Bali Dilaksanakan Secara Menyeluruh Hingga Tingkat Desa

  • 25 Februari 2023
  • 21:02 WITA
  • News
Bulan Bahasa Bali di Desa Batuagung, Jembrana Bali pada 25 Februari 2023

JEMBRANA,Balitopnews.com -Bulan Bahasa Bali merupakan salah satu program prioritas Gubernur Koster yang bertujuan untuk memberikan ruang terhadap Pelestarian Aksara, Sastra dan Bahasa Bali di tengah masyarakat sesuai dengan Peraturan Gubernur Bali No.80 Tahun 2018. 

Mengusung tema Segara Kerthi, Campuhan Urip Sarwa Prani yang berarti Laut sebagai awal dan akhir kehidupan semua makhluk, Pelaksanaan Bulan Bahasa Bali ke-V Tahun 2023 dilaksanakan secara menyeluruh hingga tingkat desa dan desa adat.

Seperti pelaksanaan Bulan Bahasa Bali di Desa Batuagung, Jembrana Bali pada 25 Februari 2023 kemarin. “Bulan Bahasa Bali tiap tahun kita laksanakan. Untuk lombanya tergantung pilihan yang disetujui forum. Tahun lalu kita mengadakan lomba pidato, mesatua lan nyurat Basa Bali. Kalau tahun ini Wimbakara Nembang Sekar Alit tingkat dewasa,” ungkap Nyoman Sudarma, Perbekel Desa Batuagung.

Peserta wimbakara merupakan perwakilan masing-masing banjar di Desa Batuagung yang berjumlah 9 Banjar Adat dengan total hadiah yang diberikan mencapai 10 juta rupiah. “Untuk pemenangnya juara 1 dari Banjar Taman, juara 2 dari Banjar Sawe dan juara 3 dari Banjar Palungan Batu,” imbuh Sudarma.

Sementara itu Tim Desa Kerti Bali Sejahtera (KBS) Batuagung Jembrana turut aktif membantu pelaksanaan Bulan Bahasa Bali di Desa  Batuagung. Hal ini merupakan salah satu pelaksanaan program dari Tim KBS Desa Batuagung yang pelaksanaannya berkolaborasi dengan perangkat Desa Batuagung yaitu Program Perlindungan dan Penggunaan Bahasa, Aksara dan Sastra Bali serta Penyelenggaraan Bulan Bahasa Bali.(Rls/Btnc)


TAGS :

Komentar