Universitas Udayana Gelar Workshop Desiminasi EMI

UPT Bahasa UNUD menyelenggarakan Workshop Desiminasi EMI (English as Medium of Instruction) dan Academic Writing secara hybrid

DENPASAR, Balitopnews.com  - Universitas Udayana melalui UPT Bahasa menyelenggarakan Workshop Desiminasi EMI (English as Medium of Instruction) dan Academic Writing secara hybrid dari Aula FISIP Unud Kampus Sudirman Denpasar, Selasa (14 Maret 2023). Workshop yang berlangsung selama dua hari ini dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik mewakili Rektor Unud. 

Kepala UPT Bahasa Unud Sang Ayu Isnu Maharani, SS.,M.Hum  menyampaikan UPT Bahasa atau Udayana Language Center menyelenggarakan Workshop Desiminasi EMI yang merupakan singkatan dari English for Medium Instruction, bukan Evaluasi Mutu Internal. EMI mengacu pada penggunaan bahasa Inggris di ruang lingkup akademis, atau menggunakan bahasa pengantar bahasa Inggris dalam perkuliahan di negara yang mayoritas bahasa ibunya belum menerapkan bahasa Inggris seperti di Indonesia. EMI Pathfinder Project merupakan program kerjasama yang diselenggarakan oleh Universitas Indonesia dengan University of Sheffield Inggris dan didanai oleh British Council. Dengan menerapkan pendekatan yang inovatif dan kolaboratif kegiatan ini mendukung pengembangan profesional dosen di perguruan tinggi. Unud telah mengirimkan 6 dosen untuk Program Master Training ini yakni Prof. I Wayan Mulyawan, Dr. Pujianiki, Dr. Seri Malini, Dr Sofia, Santi Sari Dewi, M.Hum dan pihaknya sendiri.

Sementara Wakil Rektor Prof. I Gede Rai Maya Temaja mengatakan Workshop EMI merupakan kesempatan baik bagi Universitas Udayana tentunya bagi para dosen, staf pengajar serta tutor bahasa dilingkungan Unud dalam mendukung visi Universitas Udayana menjadi universitas yang unggul, mandiri dan berbudaya di kancah internasional.


Workshop ini menghadirkan lima narasumber yakni Sisilia Halimi, Ph.D (UI), Dr. Ni Luh Nyoman Seri Malini (Unud), Prof. I Wayan Mulyawan (Unud), William Nash (University of Sheffield) dan Dana Waskita (ITB) dengan moderator Dr. Ni Made Sofia Wijaya, dengan materi yang disampaikan yakni General Outlook of Emi, Challenges/Common Issues on EMI, Giving a Lecture in EMI Context, Academic Writing : Strategies for Self-Editing dan Teaching Subjects Through English: Translanguaging or Creating a Learner-centered atmosphere.

https://www.unud.ac.id/in/berita5438-Tingkatkan-Kualitas-Pembelajaran-di-Kelas-Internasional-Universitas-Udayana-Gelar-Workshop-Desiminasi-EMI.html(gix)


TAGS :

Komentar