Terbongkar Memalsukan  Dokumen Kematian  Bacaleg Nasdem Mengundurkan Diri

Rapat mediasi di Kantor Desa Bongan. Hadir dalam pertemuan pada Selasa (16 Mei 2023), Kadis Dukcapil Tabanan I Gusti Agung Rai Dwipayana, Perbekel Desa Bongan I Ketut Sukarta, BPD Desa Bongan I Wayan Sumerta, Kawil Bongan Gede, Sekcam, Babinsa, Babinkamtibmas, I Gusti Wiarta Mas beserta keluarga dan saksi

TABANAN,Balitopnews.com  - Bakal calon (balon) legislatif pemilu 2024 dari Partai  NasDem ,  I Gusti Putu Wiarta Mas (57) alamat Banjar Bongan Gede, Desa Bongan Kecamatan Tabanan, Bali mengundurkan diri sebagai calon legislatif Dprd Kabupaten Tabanan.

Wiarta Mas mengundurkan diri menjadi caleg dari NasDem karena ulahnya  terbongkar memalsukan dokumen kematian. Yang dibuatnya pada tahun 2018. Ketika itu Wiarta  Mas masih menjadi Kawil Bongan Gede.

Terbongkar nya kasus tersebut pasca  Wiarta Mas didaftarkan oleh Partai Nasdem  di Tabanan sebagai bakal calon legislatif  untuk dapil 1 kecamatan Tabanan dan kecamatan  Kerambitan.

Terbongkarnya kasus ini kemudian dimediasi oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tabanan yang digelar di Kantor Desa Bongan. Hadir dalam pertemuan pada Selasa (16 Mei 2023), Kadis Dukcapil Tabanan I Gusti Agung Rai Dwipayana, Perbekel Desa Bongan I Ketut Sukarta, BPD Desa Bongan I Wayan Sumerta, Kawil Bongan Gede, Sekcam, Babinsa, Babinkamtibmas, I Gusti Wiarta Mas,  beserta keluarga dan saksi. Kadis Dukcapil I Gusti Agung Rai Dwipayana mengatakan dalam peritemuan tersebut yang bersangkutan awalnya kukuh tidak mengaku. " Ketika saya berikan penjelasan dan pemahaman akhirnya dia mengakui perbuatanya mengurus akta kematiannya, " jelas Dwipayana. Pada kesempatan itu juga Wiarta Mas membuat surat pernyataan mengundurkan diri menjadi caleg dari Partai NasDem .

Ketut Sukarta Perbekel Bongan mengatakan hal yang sama. " Tadi pagi kami di desa sudah memediasi pertemuan di kantor desa bongan yang  dihadiri bapak kadis dukcapil dengan stafnya, sekcam,  bpd sekdes dan yang bersangkutan.  Dimana yang  bersangkutan sudah mengakui perbuatannya dan sekaligus minta maaf kepada semua peserta rapat yang juga diikuti babin dan babinsa," jelas Sukarta. Dikatakanya yang bersangkutan sudah buat  surat pernyataan sekaligus membuat surat pengunduran diri sebagai caleg partai NasDem yang  ditandatangani yang  bersangkutan diatas metrai  Rp 10 ribu. Surat tersebut sudah diserahkan ke Kpu Tabanan. 

Ketua Kpu Tabanan I Putu Gede Weda Subawa  membenarkan bahwa I Gusti Putu Wiarta Mas  datang ke Kpu hendak menyerahkan surat pengunduran  diri menjadi caleg. " Karena proses pendaftaran caleg didaftarkan oleh partai politik. Kami sarankan agar yang bersangkutan terlebih dahulu berkoordinasi dengan partai yang mendaftarkanya. Sehingga nantinya Partainya lah yang menyampaikan ke kami di Kpu sesuai dengan mekanisme yang ada," jelas Weda. Setelah diberikan penjelasan oleh Ketua KPU Tabanan Weda,  yang bersangkutan kemudian pulang berkoordinasi dengan Partai NasDem. ( Md ) 


 


TAGS :

Komentar