BaliTopNews - Journalists never die

Alamat Redaksi : Jalan Beji nomor 1, Banjar Bongan Gede, Desa Bongan, Kecamatan Tabanan, Kabupaten Tabanan, Bali

Call:088977952703

[email protected]

Guru Besar FK Unud Luncurkan Buku dan Produk Hasil Penelitian Ubi Ungu

Kamis, 25 Januari 2024

BaliTopNews - Journalists never die

DENPASAR, Balitopnews.com - Program Studi Doktor Ilmu Kedokteran Universitas Udayana  bekerja sama dengan PT Varash Indonesia Jaya dan PT Adigoeroe menyelenggarakan Bedah Buku ”Rahasia Ubi Ungu Cegah Penyakit Degeneratif" dan hilirisasi hasil produk Ubi Ungu, Jumat (19 Januari 2024) di Ruang Pertemuan dr. A.A. Made Jelantik, Gedung Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. 


Acara ini dilaksanakan sebagai implementasi kerja sama FK Unud dengan perusahaan Varash, khususnya dalam hilirisasi hasil-hasil penelitian Program Studi Doktor Ilmu Kedokteran FK Unud. Kerjasama ini dirancang sejak satu tahun yang lalu dan selama ini ditindaklanjuti oleh Prof. Dr.dr I Made Jawi, M.Kes,sebagai koprodi S3 Ilmu Kedokteran, dengan menyampaikan hasil penelitian beliau dengan beberapa mahasiswa S2 dan S3 selama 15 tahun tentang khasiat antioksidan ekstrak umbi ubi jalar ungu pada berbagai model hewan dan beberapa penderita.

Hasil Penelitian tersebut atas persetujuan pihak Varash disajikan dalam bentuk buku yang diterbitkan oleh Jendela Semesta, yang juga merupakan perusahan dalam Varash Group. Buku yang telah diterbitkan tersebut dibedah pada acara tersebut dengan 3 orang pembedah yaitu: Prof. Dr. dr. Ketut Suastika, Sp.PD-KEMD, Prof. Dr. Ir. Dewa Ngurah Suprapta, M.Sc dan dr. Wayan Mustika. Sebagai moderator acara bedah buku adalah Prof. Dr. Wayan P Windia , SH., M.Si. 

Semua pembedah buku setuju bahwa buku "Rahasia Ubi Ungu Cegah Penyakit Degeneratif" layak untuk dibaca dan dipahami karena dengan memahami isi buku ini diharapkan mengerti bahwa penyakit degeneratif bisa dicegah. 

Sehubungan dengan hilirisasi produk Ubi Ungu, Dekan Fakultas Kedokteran Prof. Dr. dr. Komang Januartha Putra Pinatih, M.Kes, sangat mendukung karena hasil penelitian yang dilakukan oleh Prof Jawi dan kawan-kawan yang telah dilakukan 15 tahun.

"Memang wajar dicarikan industri dan kebetulan sudah diterima oleh PT Varash untuk dijadikan produk yang diberi nama Visnhu. Walaupun produk ini merupakan kombinasi Ubi Ungu dengan Daun Dewa, menurut PT Varash ini merupakan produk Ubi Ungu yang pertama yang dihasilkan dari kerja sama antara FK Unud dengan Varash," ucapnya.

Ceo Varash Group Putu Eka Suryawan dan Apt. Nyoman Triadi Wisesa, S.Farm. PT Varash juga mengharapkan kerja sama ini bisa dipertahankan sehingga mampu menghasilkan obat bahan alam lain yang siap di pasarkan dan bermanfaat untuk masyarakat. Penulis buku Prof.Dr.dr I Made Jawi, M.Kes mengharapkan masyarakat membaca buku dan mencoba produk kapsul Visnhu untuk mencegah penyakit degeneratif sehingga beban keluarga maupun pemerintah dalam menangani kasus penyakit degeneratif tidak terus meningkat di masa depan.

https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas4296-Guru-Besar-FK-Unud-Luncurkan-Buku-dan-Produk-Hasil-Penelitian-Ubi-Ungu.html(gix)


Komentar

Berita Terbaru







Terpopuler