BaliTopNews - Journalists never die

Alamat Redaksi : Jalan Beji nomor 1, Banjar Bongan Gede, Desa Bongan, Kecamatan Tabanan, Kabupaten Tabanan, Bali

Call:088977952703

[email protected]

STISIP Margarana Sinergi Dengan Untab Gelar PKM di Desa Perean Baturiti

Jumat, 19 April 2024

BaliTopNews - Journalists never die

TABANAN,Balitopnews.com - Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIP) Margarana Tabanan bersinergis dengan Universitas Tabanan menggelar Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Desa Perean Kecamatan Baturiti, Tabanan.

 

PKM yang berlangsung selama dua hari  yakni Jumat dan Sabtu ( 19 dan 20 April 2024) diawali dengan pendatanganan naskah kerjasama  STISIP Margarana  dengan Perbekel Desa Perean Kecamatan Baturiti.

Ketua Pembina Yayasan Margarana Drs Wayan Madra Suartana MSi mengatakan PKM adalah salah satu implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dijabarkan melalui program kampus STISIP Margarana.
Dijelaskanya, Pengabdian Kepada Masyarakat dilakukan melalui pembinaan khusus terhadap pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) yang usahanya masih dikelola semi modern.

" Guna mengoptimalkan jenis usaha maka dalam PKM ini kami melakukan pembinaan dan pelatihan," jelas Madra Suartana.
Dalam pembinaan dan pelatihan menghadirkan  3 orang nara sumber. Yakni satu dosen Untab  DR. Bagus  Arya  Kusuma ,S.SOS.MM, Dua  dosen  STISIP Margarana  DR. Dewa Gede  Satriawan,MM.MH dengan materi paparan   Branding dan Pemasaran, sementara itu , I Nyoman Gede Widiana  ,S.SOS.MSI dengan materi  tentang Desa Wisata / Bumdes ) Destinasi Menonjolkan Kearipan Lokal dengan melestarikan Tradisi mengenalkan kunang kunang.

 

Perbekel Desa Perean I Nyoman Suda berharap STISIP Margarana melakukan pendampingan secara berkelanjutan dan tidak berhenti sampai disini saja. " Kami berharap STISIP Margarana ikut membangkitkan potensi yang ada seperti Pura Situs Yeh Gangga, air terjun, kampung Inggris yang bermuara ke Bumdes," jelasnya.

Pihaknya juga memiliki produk lokal kripik singkong namun masih dikemas secara tradisional yang membutuhkan inovasi. " Kami juga minta STISIP Margarana dan Untab terus melakukan pendampingan apalagi desa kami mewakili Kabupaten Tabanan dalam lomba desa tahun ini,  sehingga desa kami unggul dalam berkompetisi," pungkasnya.

Hadir juga dalam PKM  tersebut Ketua  STISIP Margarana Gusti  Ngurah  Widiana  ,SH.MH. Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Untab, Dosen STISIP Margarana, Dosen Untab, UMKM Bumdes Desa Perean dan peserta lainya yang berjumlah 60 orang. (Md)


Komentar

Berita Terbaru







Terpopuler