BaliTopNews - Journalists never die

Alamat Redaksi : Jalan Beji nomor 1, Banjar Bongan Gede, Desa Bongan, Kecamatan Tabanan, Kabupaten Tabanan, Bali

Call:088977952703

[email protected]

Kunti Bhakti Inisiasi Forum Kabupaten Sehat Kabupaten Tabanan Gandeng Peradah, KMHDI dan B - Riper

Jumat, 17 Mei 2024

BaliTopNews - Journalists never die

 

TABANAN,Balitopnews.com - Forum  Kabupaten Sehat Kabupaten Tabanan yang diinisiasi LSM Kunti Bhakti menggandeng Peradah, KMHDI dan B-Riper (Bukti Ring Pertiwi).

Tahap awal pergerakan Forum  Kabupaten  Sehat Tabanan yang diketuai Ni Made Arlini melakukan aksi bersih bersih di Sekretariat Forum Kabupaten  Sehat Tabanan di Jalan Teratai 10 A, Desa Dauh Peken, Kecamatan Tabanan, Jumat ( 17 Mei 2024) .

Ni Made Arlini mengatakan kegiatan hari ini lebih banyak memulai  gerakan yang kedepanya adalah  hubungan tentang kabupaten kota sehat.  " Gerakan awal dimulai dari tahun 2024 ini yang akan diverikasi tahun 2025, " jelas Ni Made Arlini. Ia yang kerap disapa  Bu Mangku menambahkan forum ini melibatkan beberapa komunitas dan LSM. Seperti Peradah, KMHDI dan B-Riper.
"Kita bersinergi disini  untuk membantu  pemerintah dalam hal ini   Tim pembinanya dari Kabupaten," jelas Bu Mangku.

Ia yang ada juga sebagai Ketua LSM Kunti Bhakti yakni LSM yang bergerak dibidang  pemberdayaan perempuan menerangkan terdapat 18 OPD (organisasi perangkat daerah) sebagai pembina dari Forum Kabupaten Sehat. " Kami juga akan membentuk forum di tingkat kecamatan dan masing masing desa berbentuk pokja," jelasnya.
Kata Bu Mangku program Forum Kabupaten Sehat  adalah Sanitasi Total Berbasis Masyarakat dengan 5 pilar. Diantaranya, stop  buang air bersih sembarangan, cuci tangan pakai sabun,  pengelolaan air minum dan makan rumah tangga,  penanganaan sampah rumah tangga  dengan aman serta penanganan limbah cair  rumah tangga dengan aman.

Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Tabanan   I Wayan  Triana Suryanata menjelaskan Dinas Kesehatan merupakan salah satu pembina  dari
Forum Kabupaten Sehat Kabupaten Tabanan." Forum  Kabupaten sehat Tabanan sebenarnya sudah ada sebelum  covid-19, tepat nya tahun 2017," jelasnya. Waktu itu Kabupaten Tabanan berhasil meraih Penghargaan Swasti Saba. "Persiapan menjelang penilaian dari pusat pada tahun  2025 dimulai pada hari ini," tambahnya.

Sementara itu Ketua Persatuan Pemuda Hindu  ( Peradah)  Kabupaten Tabanan I Made Bayu  mengatakan pihaknya siap berkolaborasi di dalam forum Kabupaten sehat Kabupaten Tabanan." Kami Peradah, Bersama KMHDI , B - Riper telah sepakat  berkolaborasi dengan Kunti Bhakti dalam forum Kabupaten sehat Tabanan, dan siap mesukseskan program program yang ada," tandasnya. (Md)


Komentar

Berita Terbaru







Terpopuler