Sebelum Pulang, Awak Kapal Pesiar Sudah Diperiksa Ketat

  • 10 April 2020
  • 19:04 WITA
  • News

DENPASAR, Balitopnews.com -Ditengah merebaknya virus corona, kepulangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang bekerja di kapal pesiar memang sempat menjadi kekhawatiran masyarakat. Namun hal ini tidak perlu terlalu dikhawatirkan apalagi sampai mengucilkan mereka, karena sebelumnya mereka telah mengalami pemeriksaan yang ketat sebelum diizinkan meninggalkan kapal.

Menurut Owner Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Best College Made Sudiarta,SS.M.Par,CH, Kamis (9 April 2020 )kepulangan para awak kapal pesiar ini tidak perlu dikhawatirkan secara berlebihan. Hal ini karena mereka telah terbiasa dengan standar kebersihan dan disiplin yang luar biasa selama bekerja di kapal. " Sepengetahuan saya, dalam hal pola hidup bersih di kapal, itu kan disiplinnya luar biasa. Yang namanya mencuci tangan, menggunakan hand sanitizer itu sudah kewajiban setiap hari. Di Amerika ini disebut United States Public Health (USPH) atau standar kesehatan publik Amerika yang dipakai hidup di kapal. Misalkan ada yang bersin-bersin, akan langsung diisolasi dan tidak diizinkan bekerja. Mereka akan dirawat di sebuah tempat semacam rumah sakit yang dilengkapi dokter ahli", ujarnya.

Made Sudiarta menambahkan, dalam perjalanan pulang, sebelum keluar kapal mereka sudah diperiksa dengan ketat untuk memastikan bahwa yang pulang adalah orang yang benar-benar sehat. Sedangkan yang sakit akan diisolasi terlebih dahulu. " Hanya saja dalam perjalanannya pulang ke Indonesia ini yang masih dikhawatirkan oleh masyarakat", tutupnya.(Balitopnews.com/gix) 


TAGS :

Komentar