Kesimpulan Survei Saiful Mujani : Koster-Ace Menang di Delapan Kabupaten

  • 11 Juni 2018
  • 07:29 WITA
  • News

RedRiceBalinews.com, DENPASAR
Hasil survey yang dilakukan Saiful Mujani Research & Consulting menyebutkan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Bali I Wayan Koster – Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati menang di Delapan Kabupaten se-Bali.

“Dari hasil survei itu, Koster-Ace unggul di delapan kabupaten yakni Jembrana, Tabanan, Badung, Gianyar, Klungkung, Bangli, Karangasem dan Buleleng. Sementara Kota Denpasar dimenangkan oleh Rai Mantra,” jelas  Direktur Riset SRMC, Denny Irfani di Hotel Grand Bali Beach Sanur, Senin (11 Juni 2018)

Ditambahkanya, jika  pemilihan langsung gubernur Bali diadakan saat survei berlangsung dari tanggal 30 April sampa 6 Mei 2018 pasangan Wayan Koster-Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati mendapat dukungan 48,3%, sementara Mantra –Kertha mendapat dukungan 26,9%. Yang belum tahu sekitar 24,8%. Selisih dukungan kedua pasangan sekitar 21,4%.

Dikatakanya , survei dilakukan dengan sampel 820 orang, kepada warga Negara Indonesia (WNI) di Provinsi Bali yang sudah memiliki hak pilih. Dengan metode multistage random sampling Desa/kelurahan di tingkat Kecamatan dipilih dengan jumlah proporsional, dan memiliki toleransi kesalahan (margin of error) sebesar ±3,5% pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Dalam survey itu juga ditemukan  Koster-Ace lebih banyak dipilih oleh kelompok pemilih beragama Hindu dan kelompok etnis Bali. Sedangkan pasangan calon nomor 2 lebih banyak dipilih oleh suku Jawa dan warga muslim.

 “Wayan Koster-Tjok Oka Sukawati unggul pada pemilih beragama Hindu dan pada kelompok etnis Bali, sedangkan paslon 2 unggul pada kelompok pemilih beragama Islam, dan etnis Jawa,”tandasnya. RRBNC
 


TAGS :

Komentar