Meriahkan HUT Kemerdekaan RI Ke-73, Desa Tangguntiti Gelar Tangguntiti Fiesta dan Porsenides

  • 05 Agustus 2018
  • 07:23 WITA
  • News
Balitopnews.com, TABANAN
Dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI Ke-73, Desa Tangguntiti, Kecamatan Selemadeg Timur, Tabanan menggelar Tangguntiti Fiesta dan Porsenides. 
 
Kegiatan yang berlangsung dari tanggal ( 5 Agustus hingga 13 Agustus 2018) tersebut dibuka oleh Camat Selemadeg Timur, I Gusti Putu Ngurah Dharma Utama. 
 
Pembukaan Tangguntiti Fiesta dan Porsenides itu ditandai dengan pelepasan balon dan gerak jalan santai yang diikuti ratusan warga Tangguntitit, Minggu pagi ( 5 Agustus 2018).  Acara pembukaan juga dimeriahkan penampilan penyanyi Pop Bali, Gek Diah, Ketengkong Mas, Senam zumba dan penampilan pamungkas Leyonk Sinatra. 
 
Perbekel Desa Tangguntiti I Gede Astra Wijaya mengatakan tujuan dari kegiatan Porsendides dan Tangguntiti Fiesta adalah untuk meningkatkan potensi di bidang olah raga dan seni, menanamkan rasa kebersamaan dan mempererat tali persaudaraan antar warga serta berbagai ilmu dalam kompetisi yang sehat. “Kegiatan ini melibatkan seluruh warga desa dan warga pendamping di Desa Tangguntiti yang pelaksanaannya di pusatkan di Lapangan Desa Tangguntiti dengan sumber dana dari APBDes tahun 2018 dan swadaya masyarakat,” jelasnya. Kegiatan ini juga dalam rangka memerihakan HUT RI Ke-73. 
 
Dijelaskanya berbagai kegiatan dan lomba dilaksanakan dari tanggal 5 Agustus hingga 13 Agustus. Diataranya jalan santai, senam aerobik, poco poco masal, tarik tambang, sepak bola, catur, tenis meja, volley ball, mewarnai menggambar anak anak, menyanyi bali, lari kelereng, lari karung, tejog, mesatwa bali, darma wacana bali, gegurita, membuat kelakat, canang sari, ketipat nasi, ketipat galeng, membuat pejati cane, tamiang, parade busana ke pura berpasangan, parade gong kebyar antar banjar, tari rejang renteng masal PKK, pengukuhan pengurus karang taruna, peresmian lapangan Desa Tangguntiti. “Kegiatan ini akan ditutup dengan penampilan Celekontong Mas, Dek Ulik dan Motifora,” tandasnya. 
 
Sementara itu Camat Selemadeg Timur I Gusti Putu Ngurah Dharma Utama  mengatakan semangat yang ditampilkan Desa Tangguntiti dalam menyongsong HUT RI ke-73 juga akan digelar oleh desa yang lainya yang ada di Kecamatan Selemadeg Timur. “Sebanyak 10 Desa yang ada di Kecamatan Selemadeg Timur menyelenggarakan HUT RI Ke -73 dalam bentuk dan format yang hampir sama,”terangnya. Apa yang dilaksanakan oleh Desa Tangguntiti sangat bagus dan bisa dicontoh bagi desa desa yang akan menggelar kegiatan seperti ini.  “Untuk program Tangguntiti Fiesta ini baru dilaksanakan pertama kali.  Dan Desa Tangguntiti sudah mampu mengadopsi kegiatan – kegiatan yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Tabanan untuk diimplemetasikan di tingkat Desa,” tandasnya. (Balitopnews.com / Made Donny ) 

TAGS :

Komentar