Dukung Implementasi Visi Gubernur, Diskominfos Bali Gelar Lomba Teknologi Informasi

  • 21 Maret 2019
  • 12:19 WITA
  • News

Ketua PWI Bali, Dwikora Putra (kiri), Kepala Seksi Pengelolaan Opini Publik, IB. Made Sutresna (tengah) dan Dewa Suta Sastradinata selalu Wakil Ketua Bidang Organisasi (Foto: Balitopnewsw.com)

 

Balitopnews.com, Denpasar - Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Bali (Diskominfos) menggelar lomba teknologi informasi guna mendukung visi “Nangun Sat Kerthi Loka Bali” Pemerintah Provinsi Bali. Lomba ini merupakan lomba teknologi informasi yang pertama kalinya diselenggarakan oleh Diskominfos.

Kepala Seksi Pengelolaan Opini Publik, IB. Made Sutresna, SE., MT., selaku pelaksana teknis kegiatan menjelaskan selain untuk mendukung implementasi dari visi “Nangun Sat Kethi Loka Bali” dari Gubernur Koster, lomba ini juga sebagai sarana Literasi Media bagi generasi muda Bali.

 

Menurutnya, kemajuan teknologi yang ada hari ini telah memberikan banyak manfaat bagi masyarakat khususnya generasi muda, namun selain manfaat, kemajuan ini juga mendatangkan masalah apabila tidak digunakan dengan bijak.

“Inilah yang menjadi perhatian kita, untuk itu Pemprov Bali melalui Diskominfos melakukan upaya pencerdasan masyarakat dengan melakukan Literasi Media, salah satunya untuk menstimulasi generasi muda, kita mengadakan Lomba Teknologi Informasi Nangun Sat Kerti Loka Bali, upaya pencerdasan masyarakat dalam menggunakan informasi yang ada,” ujarnya saat jumpa pers di kantor Diskominfos Provinsi Bali, Jl. Panjaitan No 7 Renon, Denpasar-Bali, Rabu 21 Maret  2019.

Melalui lomba ini, menurutnya, masyarakat Bali khususnya generasi muda dapat menyalurkan hobinya yang berkaitan dengan kreativitas di bidang teknologi informasi dan untuk ke depan.

 

Untuk itu, terkait kepesertaan, lomba ini hanya diperuntukan bagi masyarakat Bali yang telah memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Bali. Alasannya, menurut IB. Sutresna, agar program ini benar-benar dapat dimaksimalkan oleh masyarakat Bali, khususnya generasi muda untuk mendorong kreativitas mereka dalam penguasaan teknologi informasi.

 

“Mengapa harus ber-KTP Bali, semata-mata karena kita ingin memaksimalkan bagi potensi generasi muda kita,” ujarnya

 

Lomba ini akan dilaksanakan mulai tanggal 1 Maret sampai dengan 14 Juli 2019 mulai dati tahapan sosialisasi hingga pengumuman. Dalam Lomba ini ada 5 kategori yang diperlombakan, yaitu; Lomba Film Dokumenter, Lomba Vlog, Lomba Blog, Lomba Foto Berbicara dan Lomba Aplikasi Mobile.

 

Terkait karya yang harus dibuat oleh peserta nantinya, panitia mewajibkan peserta membuat karya yang mengacu pada tema spesifik yang telah ditentukan oleh pihak penyelenggara. Peserta dapat memilih salah satu atau semua tema yang telah ditentukan.

Tema-tema tersebut yaitu Pergub No. 79 Tahun 2018 tentang Penggunaan Busana Adat Bali, Pergub 80 Tahun 2018 tentang Perlindungan dan Penggunaan Bahasa, Aksara, dan Sastra Bali, Pergub No. 97 Tahun 2018, tentang Pembatasan Timbunan Sampah Plastik Sekali Pakai dan Pergub No. 99 Tahun 2018 tentang Pemasaran dan Pemanfaatan Produk Pertanian, Perikanan dan Industri Lokal Bali.

Untuk hadiah, juara 1 kategori Film Dokumenter akan mendapatkan uang sebesar Rp. 17.000.000, sementara kategori Vlog, Blog, Foto Berbicara dan Aplikasi Mobile mendapatkan hadiah uang masing-masing sebesar Rp. 15.000.000.

Juara 2, kategori Film Dokumenter hadiahnya sebesar Rp. 15.000.000, sementara kategori Vlog, Blog, Foto Berbicara dan Aplikasi Mobile mendapatkan hadiah uang masing-masing sebesar Rp. 10.000.000.

Juara 3, kategori Film Dokumenter hadiahnya sebesar Rp. 12.000.000, sementara kategori Vlog, Blog, Foto Berbicara dan Aplikasi Mobile mendapatkan hadiah uang masing-masing sebesar Rp. 7.500.000.

Untuk penilaian, karya-karya dari seluruh peserta nantinya akan dinilai oleh 7 dewan juri. Juri-juri tersebut merupakan perwakilan dari unsur akademisi, tokoh masyarakat dan juga media massa. Untuk informasi selengkapnya terkait syarat ketentuan dan pengumpulan karya dapat dilihat di https://diakominfos.baliprov.go.id/mtf2019/. (Nai)


 


TAGS :

Komentar