Bawaslu Tabanan Rangkul KPU dan Disdukcapil, Samakan Persepsi Sempurnakan Data Pemilih Berkelanjutan

  • 26 Agustus 2022
  • 16:08 WITA
  • News
Bawaslu Tabanan Rangkul KPU dan Disdukcapil, Samakan Persepsi Sempurnakan Data Pemilih Berkelanjutan

TABANAN,Balitopnews.com -Bawaslu Kabupaten Tabanan kembali merangkul KPU serta Disdukcapil Kabupaten Tabanan untuk membahas terkait dengan Daftar Pemilih Berkelanjutan, pada Rapat Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan. Di ruang rapat Kantor Bawaslu Kabupaten Tabanan. Jumat, (26 Agustus 2022) 

 

Hadir dalam rapat tersebut, Anggota Bawaslu Provinsi Bali, I Wayan Widyardana Putra, Anggota KPU Kabupaten Tabanan, I Ketut Sugina, Disdukcapil Tabanan, I Wayan Januada, Ketua Bawaslu Kabupaten Tabanan, I Ketut Narta, Anggota Bawaslu Kabupaten Tabanan, I Gede Putu Suarnata, dan I Made Winarya, serta Koordinator Sekretariat Bawaslu Kabupaten Tabanan, I Ketut Winasa beserta Staff.

 

Ketua Bawaslu Tabanan Ketut Narta,  menerangkan bahwa KPU Tabanan, dan Disdukcapil Tabanan yang terundang hari ini, adalah untuk menyamakan persepsi terkait dengan Daftar Pemilih Berkelanjutan.

“Kami akan menyamakan persepsi terkait bagaimana nantinya pola kedepan terkait Daftar Pemilih Berkelanjutan. Kami akan terus melakukan koordinasi dengan KPU serta Disdukcapil Tabanan untuk bisa bersama-sama menciptakan data pemilih yang akurat, mutakhir dan komprehensif, tentunya dengan pengawasan langsung dari Bawaslu Provinsi Bali.” Terang Narta.

 

Kordiv Pengawasan, I Wayan Widyardana Putra menambahkan bahwasannya jika berbicara tentang data pemilih, hal tersebut adalah hal yang harus diperjuangkan, karena jika terabaikan, akan menjadi masalah yang lebih besar dikemudian hari.

“Kami percaya akan kinerja dari kawan-kawan KPU Tabanan untuk menyempurnakan data pemilih ini, saya rasa sudah 90-95% keakuratan DPB yang telah dicapai oleh KPU Tabanan untuk Pemilu kedepan.” Ujar Widy.

Lebih lanjut, Widy menegaskan dalam menyempurnakan data pemilih berkelanjutan, tentunya juga tidak mengabaikan teman-teman yang berkebutuhan khusus di Kabupaten Tabanan, karena mereka yang memiliki kebutuhan khusus juga mempunyai hak untuk memilih.

“Bagaimana kita berkoordinasi untuk memberikan pemahaman, serta akses untuk teman teman kita yang berkebutuhan khusus, Nantinya KPU juga bisa mendata untuk memberikan fasilitas yang mendukung mereka untuk menyalurkan hak pilihnya pada pemilu nanti.” Tegas Pria asal Karangasem tersebut.

 

Senada dengan yang dikatakan Widy, Kordiv Program dan Data KPU Kabupaten Tabanan, I Ketut Sugina menyampaikan terkait Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan yang sedang dikerjakan oleh KPU yang saat ini bekerja, Nantinya akan dilaksanakan sampai september, dan selanjutnya akan disesuaikan dengan data Disdukcapil Tabanan.

Lebih Lanjut Sugina juga berharap sinergitas dengan Bawaslu Tabanan untuk bisa merangkul semua teman-teman yang berkebutuhan khusus dan mempunyai hak untuk memilih di Kabupaten Tabanan.

 “Terkait sengan disabilitas, kami juga memiliki data disabilitas yang telah melakukan perekaman KTP-El, serta kita akan terus berkoordinasi dengan Bawaslu Tabanan untuk bisa merangkul semua disabilitas agar bisa menyiapkan fasilitas yang lebih baik bagi yang berkebutuhan khusus.” Sambungnya.

 

Terakhir, I Wayan Januada menyampaikan terkait kendala yang dihadapi oleh Disdukcapil Tabanan adalah tidak adanya data pada Disdukcapil Tabanan. Data Penduduk hanya terpusat di Disdukcapil Pusat, sehingga Disdukcapil Tabanan kesulitan untuk membantu KPU dan Bawaslu untuk melakukan Penyandingan Data.

“Jadi kami kesulitan untuk melakukan sanding data dengan KPU maupun Bawaslu. Sama halnya dengan data disabilitas, kami juga baru menerima data, jadi kami juga akan memaksimalkan untuk membantu sesuai dengan data yang kami terima,"tutup Januada.


TAGS :

Komentar