Pemetaan Pura Kayangan Dalem Desa Adat Buahan, Tabanan

Pemetaan Pura Kayangan Dalem Desa Adat Buahan, Tabanan

TABANAN, Balitopnews.com - Program Studi Sarjana Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Udayana mengadakan pengabdian kepada masyarakat terkait pengukuran atau pemetaan Pura Kayangan Dalem, di Desa Adat Buahan, Tabanan, Sabtu (8 Oktober 2022).

 

Adapun kegiatan ini dilaksanakan melalui permintaan masyarakat setempat dalam menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan struktur dan kondisi tanah di Pura Kayangan Dalem, Tabanan. Kegiatan ini melibatkan para dosen, mahasiswa dan tenaga kependidikan, serta didampingi oleh Koprodi Teknik Sipil Ir. Ida Ayu Made Budiwati,MSc.,PhD dan dihadiri perangkat desa setempat.

 

Secara demografi, Desa Buahan Kecamatan Tabanan, Kabupaten Tabanan merupakan daerah landai dengan ketinggian ±10 sampai 15 meter diatas permukaan laut.

 

Setelah melaksanakan persembahyangan, tim turun ke lapangan dengan membawa peralatan yang diperlukan seperti  alat yang berkaitan dengan uji sondir. Pengujian sondir bertujuan untuk mengetahui kedalaman lapisan pendukung yaitu lapisan tanah keras. Hal ini dimaksudkan agar dalam mendesain pondasi yang akan digunakan sebagai penyokong kolom bangunan diatasnya memiliki faktor keamanan yang tinggi sehingga bangunan diatasnya tetap kuat dan tidak mengalami penurunan atau settlement yang dapat membahayakan dari sisi keselamatan akan bangunan dan penghuni didalamnya.

 

Oleh sebab itu, kegiatan pertama yang dilakukan adalah uji sondir. Selanjutnya, akan dilakukan analisis pondasi dan settlement dan dikeluarkannya rekomendasi pemasangan pondasi tiang bor dan perbaikan tanah (soil improvement).

 

 https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas1980-Pemetaan-Pura-Kayangan-Dalem-Desa-Adat-Buahan-Tabanan-Bali.html (gix)


TAGS :

Komentar