BEM FEB UNUD Berkolaborasi dengan Sungai Watch Gelar Mangrove Clean Up 2023

Mangrove Clean Up BEM FEB UNUD 2023

DENPASAR, Balitopnews.com - Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana melaksanakan Mangrove Clean Up 2023, Jumat (10 Februari 2023) di Mangrove Last Point, Denpasar, bertajuk Equilibrium Sosial Lingkungan Campaign. 

Dalam memperingati Hari Peduli Sampah Nasional, BEM FEB Unud melibatkan Sungai Watch yang berperan aktif dalam kebersihan sungai yang ada di Bali.

Kolaborasi ini juga bertujuan untuk menyebarluaskan kesadaran agar lebih banyak masyarakat terutama generasi muda untuk peduli pada lingkungan. Pada kegiatan pembersihan sampah di hutan manggrove ini sebanyak 151 karung dengan berat total 992 kg sampah telah terkumpulkan.

I Made Dwi Bagiasa selaku Head Patrol dari Sungai Watch mengungkapkan sampah yang tertimbun di Mangrove Last Point, Denpasar berasal dari beberapa titik sungai. “Kalau alur ini masing-masing desa jalur sungainya beda-beda, sumbernya adalah anakan sungai Badung, sampahnya dari Abian Tegal, Pemogan Kaja, Pedungan, sisanya Pemogan, Suwung, dan Kampung Islam,” ungkapnya. 

Berbagai upaya telah dilakukan pihak Sungai Watch untuk menanggulangi permasalahan sampah, salah satunya dengan membuat 10 trash barrier di sepanjang sungai yang dikelola Sungai Watch. Pembuatan trash barrier ini bertujuan untuk menyaring sampah agar tidak mengganggu habitat makhluk hidup yang ada di hutan mangrove. Trash barrier ini dapat menyaring sekitar 90% sampah dari hulu, kemudian sekitar 10% sampah akan lolos dari penyaringan tersebut. 

Dwi Bagiasa menegaskan penegakan hukum terkait masalah pembuangan sampah sembarangan ini ke depannya harus lebih diperhatikan dan diperketat oleh pemerintah guna meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap lingkungan terutama sungai sebagai sumber kehidupan di bumi.

Ketua BEM FEB Unud Anak Agung Bagus Ngurah Nararya Nata berharap seluruh mahasiswa di civitas Fakultas Ekonomi bisa ikut serta terlibat sehingga kegiatan ini bisa disandingkan dengan mangrove binaan. 

"Jadi, kita semua beraksi bersama-sama untuk mewujudkan langkah-langkah positif di sekitar kita,” ungkapnya.

https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas2571--BEM-FEB-UNUD-Berkolaborasi-dengan-Sungai-Watch-Gelar-Mangrove-Clean-Up-2023-.html(gix)


TAGS :

Komentar