Mahasiswa Teknologi Pangan Unud Sulap Kulit Buah Jadi Minuman Kekinian Kaya Antioksidan

TELYTEA (Fruit Peel Jelly Tea) yang merupakan salah satu terobosan baru minuman teh menggunakan daging serta kulit buah sebagai bahan dasarnya

DENPASAR, Balitopnews.com -  Kelompok Mahasiswa Program Studi Teknologi Pangan, Universitas Udayana yakni Made Justin Satria Wira Buana sebagai ketua kelompok serta anggota yakni Yohana Carolina Sumampouw Tawas, Kadek Ratih Paramita Wulandari, Cintya Rodi Paskah Silitonga, dan Fiona Chandra dibimbing Dosen Program Studi Teknologi Pangan Anak Agung Istri Sri Wiadnyani, S.TP.,M.Sc. membuat terobosan berupa TELYTEA (Fruit Peel Jelly Tea) yang merupakan salah satu terobosan baru minuman teh dengan menggunakan daging buah serta kulit buah sebagai bahan dasar pembuatannya. 

Ide produk Telytea (Fruit Peel Jelly Tea) tercetus akibat rendahnya rata-rata tingkat konsumsi buah oleh masyarakat Indonesia serta ketidaktahuan sebagian besar masyarakat akan manfaat yang terdapat pada limbah kulit buah. Berdasarkan data statisik komposisi limbah makanan secara global, limbah buah dan sayur menduduki peringkat tertinggi. Adanya hal tersebut menjadikan produk Telytea sebagai suatu inovasi atau cara-cara kekinian guna meningkatkan jumlah atau angka konsumsi buah juga pengurangan limbah makanan di Indonesia.

Selain itu, Made Justin Satria Wira Buana  juga memparkan manfaat yang diberikan akibat adanya kandungan vitamin yang terdapat pada daging buah serta dengan penggunaan kulit buah sebagai bahan dasar dari produk ini akan menambah keunggulan yaitu kaya akan antioksidan akibat adanya komponen bioaktif yang terdapat di dalam kulit buah yang digunakan.

Wirausaha Merdeka adalah bagian dari program MBKM yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa belajar dan mengembangkan diri menjadi calon entrepreneur melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan. Program ini juga mengajak para mahasiswa untuk berkolaborasi, beraksi, dan berbakti untuk negeri dalam perkembangan ekonomi masyarakat Indonesia. Salah satu kelompok peserta Wirausaha Merdeka Udayana yang berhasil lolos tahap seleksi yakni kelompok dengan produk Telytea (Fruit Peel Jelly Tea). 

https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas2576-Jangan-Buang-Kulit-Buah-Mahasiswa-Teknologi-Pangan-Udayana-Sulap-Kulit-Buah-menjadi-Minuman-Kekinian-Sehat-Kaya-Antioksidan.html(gix)


TAGS :

Komentar