KKN-PPM Universitas Udayana Gelar Sosialisasi Pencegahan Tenggelam di Desa Ketewel

Sosialisasi Pencegahan Tenggelam serangkaian KKN -PPM UNUD

GIANYAR, Balitopnews.com - Mahasiswa KKN-PPM Universitas Udayana mengadakan  Sosialisasi Pencegahan Tenggelam di Aula Kantor Desa Ketewel, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Minggu (19 Februari 2023) yang dihadiri oleh 15 orang kelompok nelayan dari banjar Kubur, Pabean, dan Rangkan.

Keselamatan dalam berwisata merupakan aspek paling penting untuk diperhatikan oleh seluruh pihak, mulai dari pemilik atau pengembang wisata, pemerintah maupun seluruh wisatawan. Mereka harus menetapkan protokol dan standar keamanan dan keselamatan yang baik untuk menghindari risiko kecelakaan dalam kegiatan wisata, misalnya kasus tenggelam pada wisata pesisir pantai. Dalam hal ini, wisata pesisir pantai memiliki risiko yang perlu diperhatikan dan dipahami oleh  nelayan, agar mereka dapat menjalankan aturan dan standar keamanan dan keselamatan yang terdapat di tempat wisata tersebut. 

Namun, nyatanya masih banyak ditemukan nelayan yang lalai dalam memenuhi aturan yang disediakan tempat wisata, karena kurangnya perhatian dan kesadaran dalam menjaga keamanan dan keselamatan dalam beraktivitas. 

Berangkat dari masalah tersebut, KKN-PPM Universitas Udayana menggelar Sosialisasi Pencegahan Tenggelam di Desa Ketewel, dengan tujuan agar nelayan di Desa Ketewel mendapatkan informasi untuk mendukung kegiatan saat melaut, menurunkan angka kematian dan tingkat kecelakaan ketika sedang melakukan kegiatan di pesisir pantai, serta mengadakan simulasi dan mengajarkan penanganan korban tenggelam kepada masyarakat khususnya nelayan di Desa Ketewel. 


Narasumber dalam kegiatan sosialisasi pencegahan tenggelam dibawakan oleh Dr. Ir. Agus Dharma, MT. yang merupakan seorang Life Guard serta Dosen Fakultas Teknik Universitas Udayana. Materi yang dibawakan yakni proses evakuasi korban dalam kondisi emergency serta penanganan korban kecelakaan di pesisir pantai, terutama pada korban yang tenggelam.(rls)


TAGS :

Komentar