Kerja Sama FH Unud dengan Komisi Yudisial Gelar Klinik Kode Etik dan Advokasi

FH UNUD menjalin kerjasama dengan Komisi Yudisial menggelar Klinik Kode Etik dan Advokasi

DENPASAR, Balitopnews.com - Dekan Fakultas Hukum Unud menerima kunjungan Komisi Yudisial dengan didampingi oleh Koordinator Unit Pengelola Informasi dan Kerja Sama. Adapun dua orang perwakilan dari Komisi Yudisial yaitu Lina Maryani, SH., MH (Kepala Bagian Advokasi dan Peningkatan Kapasitas Hakim-Biro Rekruitmen, Advokasi dan Peningkatan Kapasitas Hakim Komisi Yudisial), Septi Melinda, S.Psi., M.Psi. T. (Kepala Bagian Rekruitmen Hakim-Biro Rekruitmen, Advokasi dan Peningkatan Kapasitas Hakim Komisi Yudisial) dan dua orang Penghubung Komisi Yudisial yang ada di Bali.

Kerja sama ini merupakan program dari Komisi Yudisial dimana tahun 2022 sudah pernah dilakukan dengan beberapa Universitas di Indonesia, seperti Indonesia Jentera School of Law, UIN Sunan Ampel Subaya, Universitas Sriwijaya, Universitas Andalas, Universitas Mulawarman, Universitas Hasanuddin. 

Pada tahun 2023, Komisi Yudisial melakukan kerja sama dengan Universitas Sam Ratulangi dan Universitas Udayana. Implementasi kerja sama dilakukan dengan menyelenggarakan Klinik Etik dan Advokasi yang terdiri dari tiga program, yaitu: Kajian, Laboratorium, Praktik dan Pengabdian kepada Masyarakat.

Penyelenggaraan Klinik Etik dan Advokasi ini dimulai dengan pelatihan kepada mentor yang merupakan dosen FH Unud dan seleksi 25 mahasiswa FH Unud yang akan menjadi peserta Klinik Etik dan Advokasi. Kegiatan Klinik akan dilakukan selama enam bulan dengan memberikan materi yang mengacu kepada instrumen hukum terkait dan praktik yang langsung turun ke pengadilan. Tujuan dari Klinik Etik dan Advokasi diantaranya mencegah atau mengurangi perbuatan merendahkan kehormatan hakim, meningkatkan kesadaran mahasiswa dan masyarakat terhadap tata tertib persidangan serta menjadikan mahasiswa sebagai calon pengemban profesi hukum agar memiliki pemahaman dan jiwa menghormati hakim beserta pengadilan.

https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas2699-Kerja-Sama-dengan-Komisi-Yudisial-Selenggarakan-Klinik-Kode-Etik-dan-Advokasi.html(gix)


TAGS :

Komentar