BEM FH Unud Gelar Sosialisasi Hukum dan Desa Binaan di Desa Bona

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FH UNUD menggelar Sosialisasi Hukum dan Desa Binaan 2023.

GIANYAR, Balitopnews.com - Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FH UNUD menggelar Sosialisasi Hukum dan Desa Binaan 2023 mengusung tema ‘Sajiwa Mangun Darma’, yang dilaksanakan di Desa Bona, Blahbatuh, Gianyar, Bali, Minggu (11 Juni 2023). 


“Kegiatan Sosialisasi Hukum dan Desa Binaan tahun 2023 ini dilaksanakan karena memang penegakan Kekayaan Intelektual (KI) di Desa Bona masih prematur dan perlunya sebuah sosialisasi hukum terkait dengan HKI”, ujar Ade selaku Koordinator Advokasi. 

Dalam kegiatan ini masyarakat desa Bona mengeluhkan sistem KI mulai dari biaya yang dibebankan untuk pencatatan hak cipta personal, perlindungan hukum terhadap kekayaan intelektual di era digital, dan kurang masifnya partisipasi pemerintah dalam penegakan KI, serta manfaat yang diterima masyarakat ketika mencatatkan hak cipta ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.

Kegiatan ini dibuka Wakil Dekan III FH UNUD, Dr. I Made Sarjana, S.H., M.H menghadirkan Koordinator Penyuluh Hukum Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM, I Gede Adi Saputra S.H.,M.H serta Guru Besar FH UNUD Bidang Kekayaan Intelektual, Prof. Dr. Ni Ketut Supasti Dharmawan, S.H., M.Hum., LLM. 

Made Sidia pemilik Sanggar Paripurna merasa keberatan dengan beban biaya yang diterapkan untuk pendaftaran hak cipta.

“Tentang hak cipta sangat membingungkan, Gung Alit punya ciptaan musik dan digunakan di SPA tanpa seijin beliau. Mungkin dari pemerintah agar dibantu seniman Bona untuk biaya pendaftarannya. Mohon pemerintah memberikan solusi dan membantu masyarakat. Dari beberapa karya-karya kami masih di klaim 99% diklaim  oleh orang lain, kami disini ingin memiliki bapak-bapak sebagai perlindungan kami” ujar Made Sidia.


https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas3114-BEM-FH-UNUD-Selenggarakan-Sosialisasi-Hukum-dan-Desa-Binaan-di-Desa-Bona.html(gix)


TAGS :

Komentar