LP3M Universitas Udayana Gelar Pelatihan Penyusunan Dokumen SPMI

Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Udayana  menyelenggarakan Pelatihan Penyusunan Dokumen Sistem Penjaminan Mutu Internal.

DENPASAR, Balitopnews.com - Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Udayana  menyelenggarakan Pelatihan Penyusunan Dokumen Sistem Penjaminan Mutu Internal, di Aula Gedung Pascasarjana Kampus Sudirman Denpasar, Rabu (14 Juni 2023). Kegiatan ini dibuka Rektor Unud dengan menghadirkan dua narasumber yakni Sugiyono, S.Si.,Ph.D (Universitas Jenderal Soedirman) dan Prof. Dr. Ir. I Made Alit Karyawan Salain, DEA (Sekretaris LP3M Unud).

Ketua LP3M Unud Ir. I Nengah Sujaya, M.Agr.Sc., Ph.D menyampaikan kegiatan SPMI itu tidak pernah berhenti, selalu saja ada hal yang perlu ditingkatkan. Dalam pelatihan ini tema yang diangkat terkait Laporan Evaluasi Diri yang merupakan hal yang sangat penting, tidak hanya di dalam menyiapkan dokumen akreditasi, tetapi juga sebagai salah satu dasar pengambilan kebijakan di program studi dan yang lebih sulit lagi adalah terkait analisis SWOT yang akan disampaikan oleh narasumber yang hadir.

"Dan yang tidak kalah pentingnya adalah juga terkait dengan kita merumuskan kembali profil program studi, kemudian capaian pembelajaran program studi termasuk hal-hal terkait yang nanti disampaikan oleh Sekretaris LP3M," ujarnya.

Sementara Rektor Unud Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng.,IPU memberikan apresiasi kepada LP3M yang selalu mengawal proses penjaminan mutu di Universitas Udayana. Rektor menyampaikan tentang peta jalan pengembangan institusi kedepannya, yaitu konteks PTN BH adalah goal ke depan dimana saat ini status Unud masih BLU. 

"Terima kasih atas partisipasi seluruh bapak ibu sekalian untuk bersatu padu menyingsingkan lengan untuk suatu yang namanya mengamankan sistem penjaminan mutu internal kita, karena nanti kalau itu sudah aman banyak sekali dampak yang bisa kita lakukan kedepannya," ujar Rektor Unud.

Rektor juga memberikan apresiasi kepada para Koordinator Program Studi maupun UP3M serta Tim tim yang tergabung dalam LP3M yang sudah menjadi garis depan dalam penjaminan mutu. Adapun materi yang disampaikan dalam pelatihan ini meliputi topik (1) "Melakukan dan Menyusun Laporan Evaluasi Diri dengan Benar (a lesson learned)" oleh Sugiyono,Ph.D dan materi (2) "Profil Lulusan, Capaian Pembelajaran Lulusan dan Spesifikasi Program Studi" oleh Prof. I Made Alit Karyawan Salain. Pelatihan ini diikuti oleh para Koordinator Program Studi, Unit Pengembangan Pembelajaran dan Jaminan Mutu (UP3M), Tim Pelaksana Penjaminan Mutu (TPPM), dan Tim LP3M di lingkungan Universitas Udayana. 

https://www.unud.ac.id/in/berita5661-Tingkatkan-Jumlah-Prodi-Akreditasi-Unggul-LP3M-Universitas-Udayana-Gelar-Pelatihan-Penyusunan-Dokumen-SPMI.html(gix)


TAGS :

Komentar