Pusat Arsip Unud Terima Visitasi Pelatihan Teknis Dasar Kearsipan Angkatan 3 dan 4

Peserta Pelatihan Teknis Dasar-Dasar Kearsipan melakukan visitasi Praktik Baik ke Pusat Arsip Universitas Udayana.

DENPASAR, Balitopnews.com - Peserta Pelatihan Teknis Dasar-Dasar Kearsipan Angkatan 3 dan 4 melakukan visitasi Praktik Baik ke Pusat Arsip Universitas Udayana, Jumat (14 Juli 2023). Visitasi diterima Koordinator TU, RT dan HTL Dr. I Wayan Gayun Widharma, SE.,M.Si didampingi Sub Koordinator Unit Kearsipan Putu Rosa Martika, S.Sos.

Ketua Pelaksana Diklat Dasar-Dasar Kearsipan di Bali Jarni, S.Pd., M.Pd. menyampaikan terima kasih karena telah diberikan ijin untuk berkunjung ke Pusat Arsip Universitas Udayana. Visitasi ini merupakan rangkaian pelatihan teknis dasar-dasar kearsipan yang dalam hal ini diikuti oleh peserta dari lingkungan Kemendikbud Ristek wilayah Bali, Jawa Timur, NTB dan NTT. 

Adapun tujuan keikutsertaan dalam Pelatihan Teknis Dasar-dasar Kearsipan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi tenaga kearsipan dalam  memahami konsep pengelolaan arsip dinamis dan statis, mengetahui sejarah kearsipan, memahami pengelolaan arsip aktif, memahami pengelolaan arsip inaktif, memahami pengelolaan arsip statis dan memahami arsip sebagai memori kolektif bangsa.

Pelatihan Teknis Dasar-dasar kearsipan juga dapat bermanfaat bagi arsiparis dan pengelola kearsipan di lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi sehingga dapat memahami, mengerti dan melaksanakan pengelolaan kearsipan dengan baik dan benar pada satuan unit kerja dan secara langsung dapat memberikan manfaat bagi kepentingan organisasi, maupun kepentingan negara secara luas dalam hal penyelamatan dan pelestarian arsip bernilai sejarah bidang pendidikan dan kebudayaan serta tercapainya tata kelola kearsipan, efisiensi dan ketersedian informasi arsip.

Koordinator TU, RT dan HTL Dr. I Wayan Gayun Widharma, SE.,M.Si  memaparkan materi berjudul “Pengelolaan Kearsipan di Universitas Udayana”. Peserta Pelatihan Teknis Dasar-dasar Kearsipan juga melakukan visitasi langsung ke Pusat Arsip untuk melihat pengelolaan dan penyimpanan arsip, serta untuk mengetahui secara langsung kondisi rill pengelolaan arsip yang ada di lapangan.

https://www.unud.ac.id/in/berita5756-Pusat-Arsip-Universitas-Udayana-Terima-Visitasi-Pelatihan-Teknis-Dasar-Dasar-Kearsipan-Angkatan-3-dan-4.html(gix)


TAGS :

Komentar