Universitas Udayana Gelar Sharing Knowladge Tracer Study

menyelenggarakan "Sharing Knowledge Tracer Study"

GIANYAR, Balitopnews.com - Universitas Udayana melalui Unit Pengembangan Karir dan Alumni (UPKA) menyelenggarakan "Sharing Knowledge Tracer Study", di SenS Hotels & Resorts Ubud Gianyar, Rabu (26 Juli 2023). Kegiatan ini dibuka Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Prof. Ir. Ngakan Putu Gede Suardana, MT.,Ph.D.,IPU dan dihadiri oleh para Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Perwakilan USDI, LP3M, para Koordinator Porgram Studi, Kepala UPIKS dan UP3M masing-masing fakultas di Unud, Politeknik Negeri Bali, Universitas Warmadewa dan Undiksha. 

Sharing Knowledge Tracer Study ini menghadirkan empat Narasumber yakni Prof. Wahyu Susihono dari CDC Untirta, Ahmad Syafiq, Ph.D dari DPKHA Universitas Indonesia,  Dina Alif dari Sesditjen DIKTI, dan Yulia Citra dari Belmawa. 

Ketua UPKA Unud Dr. Kadek Dwita Apriani, S.Sos., M.I.P  menyampaikan kegiatan ini baru pertama dilakukan UPKA Unud dengan melibatkan Tim CDC serta pihak yang menangani tracer study dari universitas lainnya. Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh keinginan untuk mengetahui upaya yang telah dilakukan oleh Universitas Indonesia dan Untirta untuk mencapai target IKU 1.

Diharapkan kedepannya ada peningkatan response rate dari 55 persen di tahun 2022, menuju angka 85 persen di tahun 2023. Ketua UPKA optimis capaian response rate masing-masing fakultas bisa meningkat sesuai target. Selain itu juga diharapkan kegiatan ini memberi manfaat bagi seluruh stakeholder yang terlibat dalam upaya meningkatkan capaian tracer study (IKU 1) bukan hanya di Universitas Udayana tapi membawa dampak bagi universitas lain yang ada di Bali. 

Sementara itu Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Prof. Ir. Ngakan Putu Gede Suardana, MT.,Ph.D.,IPU dalam pembukaan acara ini turut  berbagi pengalaman tentang pengelolaan tracer study dengan universitas lain yaitu Universitas Indonesia dan Untirta, serta dengan Kemendikbudristek untuk bisa memberikan masukan dan arahan atau berbagai pengetahuan dengan tim dari Universitas Udayana yang tentunya dalam rangka meningkatkan Indikator Kinerja Utama (IKU) 1 Unud.

Dengan dilaksanakannya acara ini diharapkan dapat menyamakan persepsi dan bergerak meningkatkan IKU 1 yang tahun 2022 lalu masih dibawah dari target. Wakil Rektor berharap di tahun 2023 bisa melampaui target 60 persen capaian kinerja tersebut.

 "Para Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, UPIKS, dan koordinator program studi posisinya paling dekat dengan alumni, sehingga memudahkan untuk mencapai pemerataan capaian IKU 1 dan juga untuk akreditasi masing-masing program studi," ujar Wakil Rektor.

https://www.unud.ac.id/in/berita5784-Samakan-Persepsi-Universitas-Udayana-Selenggarakan-Sharing-Knowladge-Tracer-Study.html(gix)


TAGS :

Komentar